Sukses

Kenali Terapi Mental dengan Belanja, Siap-Siap Bebas Cemas!

Liputan6.com, Jakarta Retail therapy atau terapi ritel ini merupakan salah satu cara yang dilakukan sebagian orang untuk menghilangkan stres atau merubah suasana hati.

Beberapa orang memilih langkah ini untuk mengalihkan perhatian dari hal negatif dan meningkatkan interaksi sosialnya. Bahkan, bagi sebagian orang, langkah ini tepat untuk membenahi kesehatan mental yang mendera. 

Namun, bagi sebagian orang, berbelanja bisa menghabiskan banyak waktu dan uang. Mereka menganggap bahwa terapi mental dengan berbelanja adalah sesuatu pemborosan. Namun, ada beberapa alasan lho mengapa berbelanja dapat merubah mood seseorang.

Melansir Web MD, berikut ini manfaat ketika Anda melakukan terapi ritel untuk menjaga kondisi mental Anda saat sedang terpuruk atau down. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mampu Kontrol Emosi dengan Baik

Terkadang, kondisi mental yang cenderung buruk merupakan hasil dari tidak mampunya kita mengontrol emosi dengan baik. Dan salah satu langkah yang dilakukan sebagian orang adalah dengan berbelanja.

Aktivitas memilih ketika berbelanja bisa mengembalikan perasaan bahwa Anda memiliki kuasa untuk mengontrol sejumlah pilihan yang ada dalam hidup. Hal itu disinyalir dapat merangsang upaya Anda dalam mengontrol emosi, terutama emosi yang ditimbulkan oleh rasa sedih.

Hadirkan Kebahagiaan

Saat Anda memasuki toko yang menjual berbagai barang yang Anda sukai atau mampu menarik perhatian, di situlah otak akan bekerja untuk melepaskan dopamin. Bagi yang belum tahu, dopamin merupakan hormon yang sering dianggap sebagai senyawa pemberi kebahagiaan.

Namun, Kebahagiaan tidak hanya didapat saat Anda membeli barang tersebut lho. Ketika Anda hanya melihat-lihat barang yang dianggap menarik juga sudah bisa membuat kondisi hati menjadi lebih baik.

3 dari 3 halaman

Mampu Kurangi Rasa Sedih

Aktivitas berbelanja dapat mengurangi rasa sedih yang sedang dialami. Yup, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut ketika sedang melakukan belanja secara luring ataupun daring.

Tingkatkan Kualitas Interaksi Sosial

Terapi belanja juga bisa membuat Anda meningkatkan kualitas interaksi sosial lho. Karena saat Anda berbelanja, interaksi dengan orang lain akan muncul. Seperti melakukan komunikasi dengan pegawai atau pengunjung lain, itu dapat memberikan koneksi sosial dengan masyarakat dan membuat kondisi hati jauh lebih ringan.

Nah, supaya terapi mental melalui berbelanja semakin efektif, kalian harus pilih metode pembayaran yang bisa bikin Bebas Cemas & #BebasDrama! Salah satu pilihan tepat untuk melakukan transaksinya adalah dengan DANA.

Bagaimana tidak? DANA memberikan Garansi 100% Uang Kembali saat pengguna bertransaksi, sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di DANA yang bisa kamu cek di sini. Pastinya, dengan adanya Garansi 100% Uang Kembali ini, pengguna tidak perlu lagi takut uangnya hilang kalau terjadi kendala atau masalah saat mereka bertransaksi di DANA.

Langsung saja unduh dan gunakan aplikasi DANA sekarang juga ya!

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS