Sukses

Dukung ASEAN Para Games 2022, Damri Hadirkan Layanan Rute Jakarta-Solo

Liputan6.com, Jakarta - Damri menghadirkan layanan dengan rute Jakarta-Solo dalam menyambut ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo yang digelar pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Layanan tersedia di dua titik keberangkatan, yakni Pool DAMRI Kemayoran dan Pulo Gebang.

Dikutip dari laman resmi Damri, Kamis (4/8/2022), bagi pelanggan yang akan bepergian melalui Pool Damri Kemayoran, jadwal keberangkatan tersedia pukul 14.00 WIB. Sementara untuk keberangkatan melalui Pulo Gebang, jadwal keberangkatan tersedia pukul 15.00 WIB.

Tarif layanan Damri yang dikenakan untuk rute Jakarta-Solo tersebut adalah sebesar Rp200 ribu. Corporate Secretary Damri, Akhmad Zulfikri menyampaikan layanan Jakarta-Solo adalah salah satu dukungan damri untuk memeriahkan ASEAN Para Games di Solo.

"Dengan adanya layanan Damri yang memudahkan mobilitas transportasi dari Jakarta ke Solo, masyarakat dapat semakin mudah dalam mengunjungi perhelatan tersebut. "Selain itu para atlet tentunya semakin bersemangat karena dihadiri oleh para pendukungnya," tambahnya.

Pelanggan juga dapat menggunakan layanan angkutan ini untuk kepentingan lainnya, seperti mengunjungi keluarga, berpergian dinas, hingga mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Solo. "Pelanggan yang ingin menikmati layanan Jakarta-Solo dapat memesan tiket keberangkatan melalui aplikasi Traveloka, Redbus, atau membeli secara langsung dengan mengunjungi terminal Pool DAMRI Kemayoran dan Pulo Gebang," kata Fikri.

Damri tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Upaya tersebut dilakukan guna mencegah penularan Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Persyaratan

Pelanggan yang bepergian ke luar kota wajib memenuhi syarat yang ditetapkan Damri, sebagai berikut:

- Wajib mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster)

- Pelanggan dengan vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam atau RT-PCR tes 3x24 jam

- Pelanggan dengan vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam

- Pelanggan dengan usia 6-17 tahun wajib menunjukkan sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil RT-PCR maupun rapid test antigen

- Pelanggan di bawah usia 6 tahun tidak wajib menujukkan hasil negatif rapid test antigen, namun wajib ada pendamping yang memenuhi syarat.

Diharapkan pula seluruh pelanggan Damri tetap senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker yang menutup hidung, mulut, sampai dagu, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak. "Harapan kami, masyarakat dapat berpergian dengan layanan DAMRI secara aman, nyaman, dan selamat. Kami memastikan pelayanan kami selalu prima, dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan di dalam bus maupun di terminal," tutupnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Rute Pontianak-Kuching

Bepergian rute Pontianak-Kuching kini bisa menggunakan layanan Damri. Rute yang dibuka kembali pada 15 Juli 2022 ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Malaysia melalui jalur darat.

Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Damri pada Jumat, 15 Juli 2022. Dalam unggahan tersebut dijelaskan rute Pontianak-Kuching terdapat dua kelas layanan, yakni Executive dan Royal.

Tiket kelas Executive dibanderol dengan harga Rp250 ribu atau 70 ringgit Malaysia. Sedangkan, kursi kelas Royal dijual seharga Rp280 ribu atau 80 ringgit Malaysia.

Jadwal keberangkatan dari Pontianak, yakni pukul 07.00 WIB dan 21.30 WIB. Untuk jadwal berangkat dari Kuching (waktu setempat), yaitu pukul 08.00 dan 11.00. Kedua kelas memiliki jadwal yang sama.

Berdasarkan tanggapan pihak Damri dari pertanyaan salah seorang warganet, titik keberangkatan Pontianak, yakni dari Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN). Jadwal keberangkatan dalam satu minggu hanya tiga kali, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat.

Corporate Secretary Damri, Akhmad Zulfikri menjelaskan Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) melayani pelanggan untuk mobilisasi hingga batas negara. Angkutan ini beroperasi untuk melayani pelanggan yang ingin menginjakkan kakinya ke wilayah Kuching, Malaysia dan Bandar Seri Begawan (Brunei).

"Dengan adanya Angkutan Lintas Batas Negara akan meningkatkan kolaborasi yang baik antar-dua negara. Selain itu juga dapat memudahkan aksesibilitas pelanggan Damri menuju luar negeri," kata Akhmad Zulfikri, dikutip dari Antara, Rabu, 20 Juli 2022.

 
4 dari 4 halaman

Bukit Tinggi, Sumatra Barat

Dikutip dari laman resmi Damri, Selasa, 29 Maret 2022, DAMRI berupaya memperluas konektivitas di berbagai destinasi wisata di Indonesia. Ini khususnya untuk menarik jumlah pelanggan lewat jalur transportasi darat. Ada empat rute dibuka Damri di wilayah Bukit Tinggi, Sumatra Barat dengan rute layanan:

1. Muara Lasak - Bukit Tinggi

Beroperasi setiap hari pukul 08.00 dan 14.00 WIB dengan tarif sebesar Rp25 ribu. Rute ini beroperasi melalui Bandara Minangkabau, Lembah Anai, Padang Panjang, dan Pandai Sikek.

2. Maninjau - Muara Lasak

Beroperasi setiap hari pukul 07.00 dan 14.00 WIB dengan tarif sebesar Rp30 ribu. Rute ini beroperasi melalui Pariaman dan Bandara Minangkabau.

3. Muara Lasak - Istana Pagaruyung

Beroperasi setiap hari pukul 08.00 dan 14.00 WIB dengan tarif sebesar Rp30 ribu. Rute tersebut beroperasi melalui Bandara Minangkabau, Solok, dan Danau Singkarak.

4. Bandara Minangkabau - Pantai Carocok

Beroperasi setiap hari pukul 06.00, 09.30, 13.00, dan 16.10 WIB dengan tarif sebesar Rp20 ribu. Rute tersebut beroperasi melalui Muara Lasak.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri menjelaskan selama ini pihaknya tidak hanya melayani rute pariwisata di Kota Bukit Tinggi saja. Namun, pihaknya juga melayani rute dari dan menuju Bandara, Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan berbagai rute perintis yang beroperasi di wilayah Padang, Sumatera Barat.

DAMRI telah mengupayakan berbagai hal untuk mendukung pertumbuhan pariwisata. "Memperbaiki layanan dan terus berupaya menambah jumlah armada yang terdapat di wilayah wisata sehingga dapat mengakomodasi wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Siti Inda.