Sukses

Baju Satpam Berubah Jadi Warna Krem, Apa Makna Warna Tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sedang memproses perubahan warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam). Bila sebelumnya warna seragam Satpam berwarna cokelat muda, maka ke depan akan berwarna krem.

Perubahan itu dilakukan karena warna seragam Satpam sangat mirip dengan warna seragam polisi. Oleh karena itu, warna tersebut bisa menyebabkan kebingungan bagi masyaraktat.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, saat dihubungi, Rabu (12/1/2022).

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan, dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," jelasnya.

Dia menambahkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas tersendiri, berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Seragam baru tersebut rencananya akan diperkenalkan di hari ulang tahun Satpam. "Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutupnya. Seperti diketahui, Hari Satpam diperingati setiap 30 Desember.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peraturan Kapolri (Perkap)

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis telah menerbitkan aturan soal pembentukan Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa). Kapolri menerbitkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Salah satu aturan tersebut terkait tentang seragam satpam. Pakaian seragam satpam berubah warnanya menjadi cokelat mirip seragam Polri dengan gradasi 20 persen lebih muda dari seragam Polri.

Perubahan tersebut, selain untuk menciptakan imej baru bagi korp satpam, juga agar berbeda dengan seragam Satkamling. Saat itu pada 5 Agustus 2021 semua satpam di Indonesia yang telah memenuhi persyaratan sebagai satpam, sudah berganti dengan seragam warna cokelat.

3 dari 4 halaman

Makna Warna Krem

Dilansir dari berbagai sumber, warna krem atau Beige dikategorikan sebagai warna netral.  Warna ini cocok dikombinasikan dengan warna apapun. Oleh karena itu, warna netral itu bukan hanya putih dan hitam saja.

Warna  krem mampu menghilangkan agresi, menenangkan, dan rileks. Selain itu, semua corak beige berkontribusi pada istirahat penuh dan berkualitas tinggi. 

Orang-orang yang lebih suka warna krem ​​daripada warna-warna lain adalah sifat-sifat tulus yang paling menghargai kepraktisan. Mereka dalam situasi kehidupan apa pun, bahkan yang paling sulit, berusaha untuk mempertahankan netralitas.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi