Sukses

Secangkir Kopi Buatan Robot Barista di Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Masifnya adopsi kebiasaan ngopi membuat inovasinya bermunculan, termasuk di masa pandemi. Salah satunya dihadirkan Otten Coffee, sebuah e-commerce kopi di Indonesia.

Memberi pengalaman berbeda, menurut keterangan pada Liputan6.com, baru-baru ini, pihaknya menghadirkan robot barista Otten Matic. Terobosan ini diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan industri kopi yang agresif dan berkelanjutan.

"Otten Coffee mendatangkan robot barista Otten Matic yang memungkinkan para pecinta kopi bisa menikmati seduhan kopi dan mendengar kisahnya dari berbagai single origin kopi nusantara," kata co-founder, sekaligus CEO Otten Coffee Jhoni Kusno.

"Kehadiran Otten Matic memudahkan Anda menikmati kopi berkualitas yang minim kontak, sehingga mendukung protokol kesehatan. Robot barista ini tersedia di store terbaru dan terbesar Otten Coffee yang berlokasi di Jalan Pasir Kaliki," imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa robot barista ini berbekal fungsi robotik yang memadukan kecerdasan artificial intelligence (AI), software, dan hardware. Otten Matic menggunakan data visual hingga 30 ribu pengaturan gerak.

Juga, tiga ribu jam pelatihan seduh demi menghasilkan sajian kopi yang nikmat. Robot barista ini juga dibekali kemampuan rangsangan pancaindra yang mampu mendeteksi jenis kopi yang diproses. 

2 dari 4 halaman

Pemanfaatan Teknologi

Fitur yang dimaksud membuat robot barista mampu memberikan informasi mengenai proses menghasilkan kopi dari hulu ke hilir. Ia juga sanggup memaparkan teknik roasting, cara seduh, penggunaan alat, bahkan mencium aroma kopi yang sedang dibuat.

Menggunakan teknologi dalam pengembangan bisnis kopi memang bukan hal baru bagi Otten Coffee. Berawal dari Otten Coffee House pada 2015, mereka mengembangkan diri melalui situs web dan akhirnya aplikasi Otten Coffee.

Bertujuan jadi medium komunitas kopi, dari penikmat, pelaku industri, sampai petani, pihaknya menyediakan ribuan kebutuhan kopi mulai dari biji kopi hingga alat penyeduh kopi rumahan maupun kebutuhan komersial. #MengopikanIndonesia masih lekat dengan tiap langkah bisnis yang diambil pihaknya.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Otten Coffee tentu bukan yang pertama memanfaatkan robot barista sebagai inovasi unik. Sebelumnya, sejumlah kedai kopi di berbagai negara sudah mengadopsi teknologi serupa.

Jauh sebelum pandemi, robot bernama Sawyer telah memulai debutnya pada 2018 di Henna Cafe yang terletak di kawasan bisnis dan perbelanjaan di Shibuya, Tokyo, Jepang, lapor ABC News. Selain menerima pesanan, robot itu juga menggiling biji kopi, mengisi saringan, dan menuangkan air panas ke atas secangkir kertas untuk lima orang sekaligus.

Dengan semangat menerapkan jarak sosial, pada awal pandemi, kedai kopi di Korea Selatan menerapkan teknologi serupa. Berdasarkan laporan kanal Tekno Liputan6.com, kedai kopi di kawasan Daejeon itu menempatkan robot barista untuk melayani para pelanggan.

Pengembangan robot barista, kata direktur penelitian Vision Semicon Lee Dong Bae, melibatkan lembaga sains yang dikelola negara. Ia mengatakan, robot ini mampu membuat 60 jenis kopi berbeda dan menyajikannya pada pelanggan di kursi mereka.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona