Sukses

Daftar Tamu di Peresmian Patung Putri Diana Diperkecil, Kate Middleton Tak Hadir

Masa pandemi Covid-19 memaksa daftar tamu di acara peresmian patung Putri Diana diperkecil dan Kate Middleton disebut tak hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Daftar tamu peresmian patung Putri Diana harus diperkecil karena masa pandemi Covid-19. Hal tersebut turut mencuat kabar Kate Middleton dikabarkan akan melewatkan acara yang akan digelar pada 1 Juli 2021.

Dilansir dari Mirror, Selasa (29/6/2021), Kate Middleton dijadwalkan akan bergabung dengan Pangeran William dan Pangeran Harry pada acara peresmian. Namun sumber-sumber istana menyebut para pangeran hanya akan ikut dengan keluarga dekat Putri Diana.

Rencana peresmian patung dengan tamu 100 lebih orang yang hadir dibatalkan karena pandemi Covid-19. Kate adalah tamu yang dikonfirmasi hadir, namun rencana baru termasuk pelarangan media dan daftar tamu yang diperkecil diubah setelah kedatangan Pangeran Harry ke Inggris.

"Ini adalah acara kecil dan momen yang sangat pribadi bagi keluarga. Rencana telah pengurangan karena pembatasan Covid-19 saat ini dan pengaturan media mencerminkan ukuran dan tone acara," kata sumber kerajaan pada The Mirror.

Sementara, juru bicara Istana Kensington menyebut Pangeran William dan Pangeran Harry akan menghadiri acara kecil untuk menandai pembukaan patung ibu mereka, Diana, Putri Wales. Acara ini akan digelar di Taman Sunken di Istana Kensington pada Kamis, 1 Juli 2021.

"Selain keluarga dekat Diana, Princess of Wales, anggota komite patung, pematung Ian Rank-Broadley, dan desainer taman, Pip Morrison, juga akan hadir," lanjut juru bicara.

Acara ini diadakan bertepatan dengan hari ulang tahun Putri Diana yang ke-60. Pangeran Harry tiba di Inggris tanpa didampingi oleh istrinya, Meghan Markle.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Patung Tiba di Istana Kensington

Patung Putri Diana telah tiba di Istana Kensington sebelum peresmiannya, Kamis, 1 Juli 2021. Kini, patung ibunda Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut disimpan di dalam sebuah kotak di halaman.

Dilansir dari Hello Magazine, Senin (28/6/2021), acara peresmian patung Putri Diana bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-60. Kedua anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry, akan hadir dalam acara tersebut.

Ini menjadi momen reuni mereka sejak menghadiri pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, pada April lalu. Pangeran Harry terbang ke London dari California.

Harry tidak ditemani istrinya, Meghan Markle, yang tetap berada di rumah mereka di Santa Barbara bersama kedua buah hatinya, Archie dan Lilibet. Seperti Putri Charlotte, bayi Lili diberi nama tengah Diana untuk menghormati mendiang neneknya.

3 dari 4 halaman

Kehadiran Harry

Menjelang peresmian patung Putri Diana, Pangeran Harry dijemput sebuah van di Bandara Heathrow London pada Jumat, 25 Juni 2021, waktu setempat, menurut The Daily Mirror. MailOnline menerbitkan foto-foto yang menunjukkan Harry tiba di Bandara Internasional Los Angeles pada malam sebelumnya sebelum terbang ke London.

Pangeran Harry harus karantina selama lima hari sampai ia menjalani tes COVID-19 dengan hasil negatif. Ia tinggal di Frogmore Cottage, hunian sepupu Harry, Putri Eugenie, bersama suaminya, Jack Brooksbank, dan bayi laki-laki mereka, August, yang lahir pada Februari 2021.

Sementara itu, Pangeran William dan Pangeran Harry juga telah membentuk sebuah komite. Selain mereka, salah satu saudara perempuan Diana, beberapa teman, pakar, dan kontak amal turut berperan di dalamnya untuk membantu memberi "penghormatan yang tepat untuk Princess of Wales."

Mereka mendaulat Ian Rank-Broadley, pematung untuk mengerjakan patung Putri Diana. Sang pematung juga sosok di balik gambar nenek mereka, Ratu Elizabeth II, yang telah digunakan untuk koin Inggris sejak 1998.

4 dari 4 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.