Sukses

Pangeran Harry Dikabarkan Pulang ke Inggris Minggu Ini untuk Peresmian Patung Putri Diana

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dikabarkan akan pulang ke Inggris dari Amerika Serikat pada pekan ini. Kepulangannya kali ini adalah untuk menghadiri peresmian patung mendiang ibunya, Putri Diana.

Melansir The Independent, Rabu (23/6/2021), awal bulan ini, Harry terkonfirmasi akan menghadiri upacara di Istana Kensington untuk menandai ulang tahun ke-60 ibunya. Di bawah pembatasan perjalanan karena Covid-19 saat ini, AS ada dalam daftar kuning Inggris, yang berarti siapa pun yang datang dari negara itu harus dikarantina selama 10 hari dan mengikuti dua tes Covid-19 wajib.

Ada juga opsi untuk mengikuti tes ketiga dari hari kelima karantina di bawah program "Test to Release". Jika hasilnya negatif, wisatawan bisa melalui isolasi mandiri lebih singkat. Di bawah opsi ini, Harry bisa tiba di Inggris dan dengan aman menghadiri perayaan itu pada awal Juli 2021.

Duke of Sussex dan Duke of Cambridge menugaskan pembuatan monumen Putri Diana pada 2017 untuk memeringati 20 tahun kematian ibu mereka. Pada saat itu, kedua saudara ini mengatakan akan "mengakui dampak positifnya di Inggris dan di seluruh dunia".

"Ibu kami menyentuh begitu banyak kehidupan," kata mereka. "Kami berharap patung itu akan membantu semua orang yang mengunjungi Istana Kensington untuk merenungkan kehidupan dan warisannya."

Patung tersebut dibuat oleh seniman Ian Rank-Broadley, yang juga sosok kreatif di balik potret Ratu yang muncul di semua koin Inggris. Patung Diana akan ditampilkan di Taman Sunken istana.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Tak Akan Bertemu dengan Pangeran Charles

Kesempatan itu akan menjadi kunjungan pertama Pangeran Harry ke Inggris sejak pemakaman Pangeran Philip pada April lalu. Sementara William akan hadir pada peresmian patung itu, Pangeran Harry mungkin tidak akan bertemu dengan ayahnya, Pangeran Charles, yang dilaporkan akan berkunjung ke Skotlandia.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sun, "Charles akan menyerahkan anak-anak untuk itu. Harry perlu dikarantina setidaknya selama lima hari ketika dia mendarat di Inggris, kemungkinan besar di Frogmore Cottage di Windsor."

"Charles telah menjelaskan dengan jelas bahwa dia tidak akan berada di sana. Lebih dari itu karena dia akan pergi ke Skotlandia," klaim sumber yang tidak disebutkan namanya.

Pangeran Harry sebelumnya telah berbicara tentang hubungannya yang tegang dengan ayahnya. Ia memberi tahu Oprah Winfrey selama wawancara pada bulan Maret lalu, bahwa Charles berhenti menerima teleponnya.

3 dari 5 halaman

Bukan Monumen Pertama

Patung itu bukan penghormatan pertama untuk mendiang putri yang meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris, Prancis, pada 1997. Saat itu, Pangeran Harry masih berusia 12 tahun dan Pangeran William berusia 15 tahun.

Diana Memorial Foundation di Hyde Park, yang dibangun dengan menggunakan 545 buah granit Cornish, dibuka oleh Ratu pada Juli 2004. Kemudian, pada peringatan 20 tahun kematiannya, sebuah taman peringatan yang dikenal sebagai White Garden dibuka di Istana Kensington pada 2017.

Awal tahun ini, gaun yang dikenakan Diana pada pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 1981 juga dipamerkan di Istana Kensington untuk pertama kalinya dalam 25 tahun. Gaun yang dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel ini merupakan bagian dari pameran mode baru yang disebut "Royal Style in the Making".

Melansir Harper’s Bazaar, sumber Sussex mengonfirmasi bahwa Meghan Markle yang baru saja melahirkan bulan ini, tidak akan terbang ke London, Inggris, bersama Pangeran Harry untuk menghadiri pembukaan patung Putri Diana. Meghan akan fokus merawat putrinya yang baru lahir di kediamannya dan Harry di Montecito di California, Amerika Serikat. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 5 halaman

Seputar Putri Diana

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: