Sukses

Beda Cara Meghan Markle dan Pangeran Harry Umumkan Kelahiran Archie dan Lilibet

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja mengumumkan kelahiran putri mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor atau yang disapa dengan Lili. Meghan melahirkan anak kedua sekaligus anak perempuan pertamanya tersebut di Santa Barbara Cottage Hospital, California, Amerika Serikat, Jumat, 4 Juni 2021, pada pukul 11.40 pagi waktu setempat.

Anak kedua mereka, Lilibet menjadi cicit pertama Ratu Elizabeth II yang lahir di luar Inggris. Meski sudah lahir pada Jumat, pasangan Duke dan Duchess of Sussex baru mengumumkan secara resmi kelahiran Lilibet pada publik, dua hari kemudian tepatnnya pada Minggu, 6 Juni 2021, waktu setempat.

Dilansir dari laman Express, Minggu, 6 Juni 2021, penundaan pengumuman hingga dua hari ini diungkap oleh jurnalis kerajaan Rhiannon Mills. Menurut Mills, itu adalah wujud satu langkah menjauh Meghan dan Harry dari tradisi keluarga kerajaan Inggris.

"Pengumuman tentang kelahiran cicit Ratu ini telah diumumkan dengan cara yang sangat berbeda dari yang diharapkan dari pengumuman cicit Ratu lainnya termasuk Archie," ucap Rhiannon Mills pada Sky News.

Menurut Mills, penundaan pengumuman kelahiran anak kedua Meghan Markle dan Pangeran Harry ini juga kurang lebih sebagai refleksi dari masa-masa sulit yang dialami keduanya, beberapa waktu belakangan, karena di bawah pengawasan ketat sejak memutuskan keluar dari keluarga kerajaan. Meski, hal itu juga dipengaruhi sikap agresif mereka mengungkapkan keburukan kerajaan ke publik.

2 dari 5 halaman

Beda dari Tradisi Kerajaan

"Yang menarik adalah anak itu lahir pada hari Jumat dan Harry-Meghan memutuskan untuk mengambil sedikit waktu dulu, sebelum akhirnya mengumumkan kepada dunia bahwa mereka mempunyai anak baru dalam hidup mereka. Sekali lagi, ini adalah tanda bagaimana mereka ingin melakukan sesuatu secara berbeda dari tradisi kerajaan," tuturnya.

Keputusan untuk menunda hingga dua hari untuk mengumumkan kelahiran putrinya ini, disebutkan sangat kontras dengan bagaimana saat Harry dan Meghan menyambut kelahiran putra pertama mereka, Archie Mountbatten-Windsor. Waktu itu, Harry langsung mengumumkan kelahiran Archie sesaat setelah Meghan melahirkan putra pertama mereka.

Dua hari usai kelahiran Archie, Meghan dan Harry bahkan sudah menjalani sesi pemotretan publik pertama sebagai keluarga baru dengan beranggotakan tiga orang di St George's Hall di Kastil Windsor. Meski begitu, sertifikat kelahiran Archie baru dipasang beberapa hari kemudian di Istana Buckingham.

3 dari 5 halaman

Publik Terbelah

Sementara itu, seorang juru bicara menyebut Meghan Markle dan bayinya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Ia juga menyebutkan kalau Lili kini sudah berada di rumah.

Nama putri Harry dan Meghan diyakini sebagai upaya mereka untuk merajut kembali hubungan keluarga yang retak. Di sisi lain, publik terbelah dua dengan pilihan nama yang diputuskan Harry dan Meghan untuk anak keduanya. Ada yang memujinya karena menganggap memberi penghormatan kepada dua tokoh yang dicintai publik Inggris, tetapi ada yang menganggap bahwa keduanya berusaha mendapatkan perhatian dari kerajaan karena tak ingin kehilangan gelar mereka.

Nama Lilibet juga dianggap mengikuti jejak sepupunya, yakni Putri Charlotte. Nama lengkap Charlotte juga menyertakan nama nenek dan nenek buyutnya di dalamnya, yaitu Charlotte Elizabeth Diana Mountbatten-Windsor.

4 dari 5 halaman

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: