Sukses

6 Buah dan Sayuran yang Disebut Bisa Hilangkan Stres dan Rasa Cemas

Liputan6.com, Jakarta - Stres dan rasa cemas seakan menghantui banyak orang di tengah pandemi Covid-19. Jika hal tersebut dibiarkan dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti penurunan imun. Salah satu cara menghilangkan stres dan rasa cemas dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayuran dan buah.

Dokter dan ahli gizi belajar lebih banyak mengenai bagaimana sifat nutrisi dari makanan yang kita konsumsi mempengaruhi kesehatan mental kita. Ada hubungan yang kuat dan signifikan antara otak dan perut. Ketika nutrisi penting tidak tercukupi, ada dampak langsung pada aktivitas neurotransmitter dan kimia otak yang dapat meningkatkan perilaku yang diinduksi kecemasan.

Ahli gizi Vidhi Chawla membagikan beberapa buah dan sayuran yang dapat anda konsumsi untuk membantu menghilangkan stres dan rasa cemas seperti dilansir PinkVilla, Kamis 3 Juni 2021 berikut ini.

1. Alpukat

Vitamin B6 membantu produksi banyak neurotransmitter, termasuk serotonin yang memengaruhi suasana hati. Alpukat kaya akan vitamin B yang menghilangkan stres dan lemak sehat untuk jantung yang dapat membantu mengurangi kecemasan.

Buah ini juga telah dikaitkan dengan memori, membantu pelebaran pembuluh darah, dan dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Karena vitamin E larut dalam lemak, vitamin E hanya dapat ditemukan dalam makanan tinggi lemak seperti kacang-kacangan dan alpukat. Tambahkan irisan alpukat ke salad atau smoothies untuk meningkatkan serat dan lemak sehat dalam makanan anda.

2. Blueberry

Ketika kita gugup atau depresi, tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel kita, dan blueberry kaya akan vitamin C. Buah ini kaya akan antioksidan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan neuroprotektif. Mereka dapat membantu dalam pengurangan peradangan terkait stres dan pencegahan kerusakan sel terkait stres.

2 dari 5 halaman

3. Brokoli

Brokoli telah lama dikenal akan manfaat kesehatannya. Sayuran ini dapat mengurangi risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi. Brokoli adalah salah satu sumber makanan yang paling terkonsentrasi nutrisi tertentu, seperti magnesium, vitamin C, dan folat, yang telah terbukti membantu gejala depresi.

4. Bayam

Dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi, bayam dapat membantu menghilangkan sakit kepala dan kelelahan. Bayam, seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kaya akan folat yakni nutrisi yang membantu tubuh mengatur suasana hati. Anda juga dapat memperoleh manfaat melawan stres alami dengan mengonsumsi secangkir bayam atau sekitar 225 gram.

3 dari 5 halaman

5. Jeruk

Jeruk dianggap sebagai cara sempurna untuk bersantai dan mengurangi stres karena mengandung vitamin C yang tinggi. Nutrisi penting ini membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Selain itu, jeruk dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang terpengaruh oleh stres.

6. Swiss chard

Swiss chard adalah sayuran hijau yang tinggi nutrisi anti-stres. Satu cangkir (175 gram) swiss chard yang dimasak menyediakan 36 persen asupan magnesium harian, yang penting untuk respons stres tubuh anda. Tingkat mineral rendah menyebabkan kecemasan dan serangan panik.

Ditambah lagi, stres kronis dapat menguras simpanan magnesium tubuh anda. Mengonsumsi makanan seperti swiss chard sangat penting ketika anda sedang stres. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 5 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: