Sukses

6 Destinasi Wisata Seni dan Budaya di Hong Kong yang Gelar Tur Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang belum reda membuat sejumlah festival dan pameran seni dibatalkan. Namun, beberapa tetap dilakukan secara terbatas maupun mengadopsi konsep hybrid. Begitu juga dengan perhelatan festival seni tahunan di Hong Kong.

Bulan Mei ini, Dewan Pariwisata Hong Kong menggelar perhelatan tahunan bertajuk "Arts in Hong Kong," yang bisa disaksikan secara langsung maupun virtual. Dalam selebrasinya, mereka menggelar tur virtual ke beberapa tempat ikonis.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, berikut enam destinasi wisata seni dan budaya Hong Kong yang selain mengadakan tur langsung juga menggelar tur virtual.

1. Hong Kong Museum of Art

Hong Kong Museum of Art punya tampilan dan fasilitas baru setelah tiga tahun renovasi. Salah satu daya tariknya adalah tampilan kaca berkesan retak yang merupakan pantulan dari ombak di Victoria Harbour.

Suasanya jadi lebih hidup dan kontras akibat pencahayaan dan bayangan yang terbentuk sepanjang hari. Pengunjung akan dimanjakan dengan desain langit-langit yang cukup tinggi dan tampilan Victoria Harbour yang juga baru selesai dipugar.

Selama pandemi, mitra Hong Kong Museum of Art, yaitu Friends of Hong Kong Museum of Art, meluncurkan kampanye seni di seluruh kota yang bertajuk "Art For Everyone @HKMoA." Tujuannya untuk menciptakan pengalaman seni baru. Mereka akan memamerkan lebih dari 100 gambar karya seni di lebih dari 450 papan reklame di 18 distrik.

Seluruh karya seni tadi akan menghiasi semua medium, mulai dari tampilan digital, transportasi, hingga dekorasi dalam ruang maupun luar ruangan. Bagi Anda yang berada di luar Hong Kong, bisa mengunjungi www.artforeveryone.hk dan manjakan mata Anda dengan berbagai karya seni menarik.

2. Art Basel Hong Kong

Art Basel Hong Kong kembali ke Hong Kong Convention and Exhibition Centre (HKCEC) sampai 23 Mei 2021 dengan menampilkan 104 galeri terkemuka dari 23 negara dan wilayah terpilih. Art Basel Hong Kong edisi kesembilan ini akan menampilkan tinjauan unik dari berbagai pemandangan seni di seluruh Asia dan sekitarnya.

Menyatukan platform digital dan fisik, penyelenggaraan tahun ini menampilkan 56 galeri yang tidak dapat hadir secara fisik di Hong Kong. Di tahun ini, mereka menghadirkan siaran langsung 'Art Basel Live: Hong Kong' untuk penonton di seluruh dunia. Program ini ditayangkan secara paralel dengan pertunjukan fisik, serta berbagai acara streaming harian.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 4 halaman

3. West Kowloon Cultural District

West Kowloon Cultural District merupakan pusat seni dan budaya yang berdekatan dengan Victoria Harbour. Pusat seni ini memiliki banyak fasilitas yang memenuhi namanya, termasuk museum unggulan M+, serta ruang terbuka publik yang luas dan kawasan pejalan kaki di depan pelabuhan sepanjang dua kilometer (km).

4. Old Town Central

Old Town Central termasuk salah satu distrik tertua di Hong Kong dengan jalanan terjal dan gang tersembunyi di area Central dan Sheung Wan. Pengunjung akan melihat perpaduan kontras antara seni dengan sentuhan Timur dan Barat. Jika berjalan-jalan di Old Town Central, Anda akan merasakan suasana dinamis yang mencerminkan semangat hidup masyarakat Hong Kong.

Jalan raya di Old Town Central dipenuhi karya seniman lokal dan internasional yang bisa dijumpai hampir di setiap sudut. Ada juga mural yang dapat ditemukan terselip di antara jalan utama yang sibuk, di dinding toko antik tradisional, dan restoran. Para pejalan kaki yang melintas seperti diajak untuk rehat sejenak dari keramaian, sambil mengapresiasi semua seni yang dipamerkan.

3 dari 4 halaman

5. Museum M+

M+ merupakan museum yang akan dibuka pada akhir tahun ini di West Kowloon Cultural District. Bangunan arsitektural internasional ini merupakan museum budaya visual global pertama di Asia.

Properti seluas 65 ribu meter persegi ini mempunyai 33 galeri, tiga bioskop, satu Mediatheque, Pusat Pembelajaran, Pusat Penelitian, dua buah toko dan restoran, bar, gerai kopi, anjungan untuk seniman, ruang kantor, serta taman di atap. Semuanya diatur dengan latar belakang Victoria Harbour yang menambah magis pemandangan.

6. Arts in Hong Kong

Melalui platform Arts in Hong Kong, Anda bisa menikmati seluruh acara seni di Hong Kong, walau berada di belahan dunia berbeda. Melalui situs www.discoverhongkong.com/Arts, Anda akan mendapatkan informasi penting tentang Arts in Hong Kong. Anda juga bisa menyimak wawancara dengan para seniman Hong Kong, dan masih banyak keseruan lainnya.

Pertunjukannya termasuk film pendek interaktif yang dibintangi dua selebritas Hong Kong, Ivana Wong (seniman multitalenta), dan Kearen Pang (produser dan sutradara film). Film pendek ini bakal menampikan beberapa area terbaik di Hong Kong, yaitu Tai Kwun, The Mills, dan West Kowloon Cultural District.

4 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik