Sukses

IKEA Tarik Kembali 148 Ribu Unit Peralatan Makan Usai Terima Ratusan Komplain

Empat di antara ratusan komplain yang masuk ke IKEA disebut mengalami cidera karena menggunakan peralatan makan yang dibeli.

Liputan6.com, Jakarta - IKEA dikabarkan menerima sekitar 123 laporan dari seluruh dunia yang mengeluhkan soal produk peralatan makan dan minum mereka. Empat di antaranya mengaku cidera akibat penggunaan peralatan makan dan minum yang mudah rapuh dan pecah.

Akibatnya, IKEA Amerika Serikat harus menarik kembali sekitar 148 ribu unit produk seri Heroisk dan Talrika yang telah dijual di AS dan Inggris sejak Agustus 2019. Kedua seri produk Ikea ini dijual dengan harga 3,99 dolar AS-11,99 dolar AS atau sekitar Rp57 ribu-- Rp172 ribu.

Menurut situs IKEA, rangkaian peralatan makan Talrika terbuat dari plastik PLA (asam polilaktat), bahan nabati ramah lingkungan, dapat diperbarui, dan tahan lama. Sedangkan, seri Heroisk terbuat dari plastik terbarukan.

Meskipun semua produk telah diuji, mematuhi standar dan undang-undang, IKEA tetap menerima banyak laporan tentang kerusakan produk. Brand peralatan rumah tangga asal Swdia pun akhirnya memutuskan menarik produk tersebut untuk meminimalisir risiko produk yang pecah dan berpotensi menyebabkan luka bakar karena kandungan panas.

Penarikan kembali produk yang telah dipasarkan adalah cara penting yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk melindungi konsumen dari produk berbahaya. Umumnya, jika penarikan kembali melibatkan sebuah merek terkenal, perusahaan akan memberikan tanggung jawab kepada para konsumen yang telah membeli produknya.

Dilansir dari The Sun, Kamis, 20 Mei 2021, penarikan produk di AS dan Inggris ini berlaku untuk item seri Heroiks yang meliputi mangkuk warna hijau atau kuning, mug 25cl warna merah atau kuning, piring tiga warna, piring datar warna biru atau merah. Sedangkan, seri lain yang ditarik dari peredaran yaitu Talrika, meliputi mangkuk putih dan merah, piring hijau tua, mug 25cl merah, serta piring datar warna biru tua.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan IKEA

IKEA di Inggris belum mengonfirmasi berapa banyak unit produk yang ditarik serta berapa biayanya. Maka, belum diketahui berapa total keseluruhan unit produk yang telah ditarik kembali oleh IKEA.

Melalui laman resminya, IKEA mengatakan bahwa keselamatan konsumen merupakan prioritas utama mereka, sehingga tindakan penarikan kembali produk yang telah dijual adalah jalan terbaik. Mereka juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penarikan produk.

Perusahaan ini juga mengimbau masyarakat yang memiliki salah satu dari produk tersebut untuk menghentikan penggunaannya dan menukarkannya ke toko IKEA terdekat untuk mendapatkan pengembalian dana tanpa perlu menunjukkan bukti pembelian. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.