Sukses

Resmi Buka Gerai di Bandung Barat, IKEA Berikan Ruang Khusus untuk UMKM Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Resmi membuka toko ketiga di Indonesia, IKEA Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat berkomitmen memberi dampak positif pada masyarakat sekitar. Salah satu refleksinya adalah dengan menyediakan ruang khusus bertajuk "TERAS Indonesia" bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

"Jadi, ada tujuh UMKM terkurasi setiap bulan. Itu akan berganti setiap bulan sepanjang tahun dan diberi ruang untuk mempromosikan produk mereka," kata President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, di acara pembukaan gerai tersebut, Minggu (28/3/2021).

Store Manager IKEA Kota Baru Parahyangan, Diva Yohanna, menyambung bahwa gagasan ini tak lepas dari kerja sama yang dilakukan pihaknya bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jawa Barat, terutama dalam mengurasi UMKM.

Mereka juga berkolaborasi dengan Komunitas Wayang Cepot, yaitu Cipta Wening dan Giri Harja Tiga Putra, guna melestarikan budaya lokal Jawa Barat agar tetap dikenal generasi muda.

Lebih lanjut, pemberdayaan sumber daya lokal ini juga disinggung Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil. "Saya sudah titip ke Pak Patrik untuk memanfaatkan resources di Jawa Barat dulu. Kalau tidak ada, bisa ambil dari luar (wilayah Jabar)," ungkapnya di kesempatan yang sama.

Sejalan dengan semangat itu, IKEA Kota Baru Parahyangan juga disebut menerapkan berbagai upaya berkelanjutan yang bermaksud mengurangi dampak negatif ke lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah menggunakan teknologi hemat energi untuk AC dan lampu, serta mengimplementasi teknologi recycle water.

2 dari 4 halaman

Operasional Toko dalam 4 Sesi

Dalam operasionalnya, IKEA Kota Baru Parahyangan mengimplementasi sistem registrasi virtual melalui situs IKEA.co.id/bandung. Setiap harinya, IKEA Kota Baru Parahyangan akan membuka empat sesi.

Setiap sesi berdurasi tiga jam dan 30 menit. Sebelum berakhir, pengunjung akan menerima email pemberitahuan bahwa waktu belanja akan segera habis. Sesi pertama pukul 09.00--12.00 WIB, sesi kedua pukul 12.00--15.00 WIB, sesi ketiga pukul 15.00--18.00 WIB, dan sesi keempat pada pukul 18.00--21.00 WIB.

Selain registrasi online, pihaknya juga menyediakan area cuci tangan dan pengecekan suhu sebelum pengunjung, serta co-worker masuk ke dalam toko.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia, HE Marina Berg, menambahkan bahwa dirinya begitu senang melihat perpaduan nuansa Swedia dan Indonesia, khususnya Jawa Barat, di toko baru IKEA. "Kehadiran IKEA ini semoga membuka kesempatan kerja sama lebih lanjut lagi bagi Swedia, Pemerintah Jawa Barat, dan IKEA,” tuturnya.

3 dari 4 halaman

7 Tips Aman Belanja Saat Pandemi COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: