Sukses

Ridwan Kamil Bangga Kopi Jawa Barat Dijual di Starbucks Korea Selatan

Selain di Korea Selatan, Ridwan Kamil berharap Kopi Jawa Barat akan ada di berbagai gerai kopi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi termasuk komoditas Indonesia yang banyak disukai di luar negeri, termasuk di Korea Selatan. Bahkan baru-baru ini, salah satu kopi dari Indonesia yaitu kopi Jawa Barat bisa ditemui di gerai Starbucks di Seoul, Korea Selatan. Hal itu diketahui dari unggahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di akun Instagramnya pada Selasa (20/4/2021).

"Mulai sekarang kopi Jawa Barat ekspansi ke Korea Selatan. Hadir resmi kopi Jawa Barat di gerai Starbucks di Seoul," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

"Terima kasih untuk tim Kedubes RI di Seoul yang membantu urusan ini. Insya Allah suatu hari, kopi2 Jawa Barat ada di seluruh kafe2 di kota kota sedunia. Aamiin. #coffeediplomacy," lanjutnya.

Di dalam unggahan tersebut, terlihat ada kemasan kopi Starbucks bertuliskan, "Indonesia West Java". Di bawahnya ada tulisan huruf Korea dan angka 250 gram.

Unggahan itu mendapat banyak pujian dari warganet. Ada juga yang berharap produk kopi ini bisa muncul di salah satu drama Korea (drakor) nantinya, menyusul produk permen rasa kopi yang tampil di drakor Vincenzo.

"Mantap pak gub @ridwankamil mudah2n merk lokal juga yang go internasional membawa biji kopi terbaik di indonesia," komentar seorang warganet.

"Semoga petani kopi di Jawa Barat makin maju dan bersemangat," timpal warganet lainnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masuk ke Australia

Tak hanya ke Korea, Kopi Jawa Barat juga sudah masuk ke Australia. Bukan sekadar kopi tapi kedai kopi Jawa Barat (Jabar), Jabarano Coffee melebarkan sayap di kancah dunia.

Kafe yang berlokasi di 555 Flinders Lane, Melbourne, Australia, ini resmi dibuka oleh Ridwan Kamil, pada 24 Februari 2020. Momen dibukanya kedai kopi ini sempat diabadikan oleh istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya yang kala itu turut hadir bersama sang suami ke Negeri Kangguru.

Selain kopi, Jabarano Coffee juga menghadirkan kerajinan tangan khas Jawa Barat yang merupakan binaan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat. Jabarano sendiri adalah singkatan dari Jabar dan Ano (seperti americano).

Kehadiran kedai kopi Jabar sekaligus produk UMKM sebagai kolaborasi menikmati cita rasa kopi dan dapat melihat sajian budaya. Kopi Jabarano didominasi dengan jenis arabika dengan tingkat keasaman yang rendah dan agak manis. Selain di Melbourne, kedai kopi Jabar juga akan hadir di Sydney, Adelaide, dan Perth.

3 dari 3 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.