Sukses

Ade Londok Jadi Duta Kuliner Jawa Barat Usai Odading Mang Oleh Viral

Ade Londok, promoter Odading Mang Oleh dinobatkan sebagai duta kuliner Jawa Barat oleh Ridwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ade Londok mendadak menjadi perbincangan publik usai mempromosikan Odading Mang Oleh hingga viral di media sosial. Gaya bicaranya yang diselipi bahasa Sunda bikin orang penasaran saat ia mengunggah video makan Odading Mang Oleh.

"Odading Mang Oleh. Mmmm, rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh...di dieu..." ucap Ade Londok bersemangat.

Nama Ade Londok ternyata punya cerita tersendiri. Ia mempunyai nama asli Nandar Ukandar. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 September 1978.

Kata 'Londok' bermakna 'bunglon' karena cocok dengan kepribadiannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Nama itu ia peroleh dari seniornya di Karang Tarung di Bandung.

Setelah video Ade Londok viral di dunia maya, tempat dagang Odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat, diserbu pembeli. Mereka penasaran ingin mencicipi makanan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duta Kuliner Jawa Barat

Keberhasilan Ade Londok mempromosikan Odading Mang Oleh itu membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendatangi tempat Mang Oleh berjualan. Kang Emil bahkan menobatkan Ade Londok sebagai duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner Jawa Barat.

"Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar," ujar Kang Emil saat bertemu Ade Londok, seperti diberitakan kanal Regional Liputan6.com.

Kang Emil memberikan hadiah gawai baru kepada Ade Londok untuk mempromosikan UMKM kuliner Jawa Barat melalui media sosial. "Kemarin ada aspirasi, katanya HP-nya suka error, akhirnya sekarang saya kasih hadiah HP baru," kata Kang Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.