Sukses

Tak Perlu Antre, Simak Resep Kue Odading Mang Oleh yang Lagi Viral

Liputan6.com, Jakarta -  Kue Odading Mang Oleh baru-baru ini menjadi viral di dunia maya setelah unggahan video yang dilakukan seorang warganet bernama Ade Londok di akun media sosialnya. Sambil memakan roti goreng khas Bandung itu, Ade mempromosikannya dengan bahasa Sunda yang kental dibarengi nada bicaranya yang sangat lantang dan jenaka.

Ia mengungkapkan bahwa saat menyantap kudapan tersebut, kita akan menjadi seperti tokoh pahlawan super Iron Man, dan jika tidak membeli atau memakan Odading Mang Oleh, orang tersebut bukanlah teman sepergaulannya.

Lantas, dagangan Odading milik pedagang bernama asli Sholeh itu menjadi terkenal dan banyak dicari masyarakat Bandung hingga di kota lain. Sampai saat ini, pembeli harus mengantre panjang di sekitar warung yang berlokasi di Jalan Baranang Siang, nomor 5, Bandung, Jawa Barat itu.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengunggah situasi antrean mengular tersebut di akun Instagram pribadinya sambil memamerkan Odidang yang sudah dibelinya.

Ia mengatakan salut dengan teknik pemasaran yang dilakukan Ade Londok, hanya saja perlu menghilangkan istilah kasar yang disebutkan dalam video tersebut. ”Kreativitasnya sangat baik. Tinggal dihilangkan istilah-istilah kasarnya saja, supaya tidak ditiru anak-anak,” tulisnya dalam keterangan foto.

Di balik viralnya video tersebut, banyak pula yang bertanya-tanya tentang apa itu Odading sebenarnya. Odading adalah jajanan khas Bandung berupa roti goreng dengan rasa manis dan bertekstur empuk seperti bantal, maka dan sering disebut juga sebagai kue bantal.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba kudapan viral ini, tetapi tidak punya waktu pergi ke Bandung, ada baiknya Anda mencoba membuatnya sendiri. Berikut resep kue Odading kreasi Joanne Sebastian yang dibagikan melalui laman Cookpad.com.

Bahan A:

300 gr tepung terigu

2 sdm susu bubuk

5 sdm gula pasir

1 std ragi instan

Bahan B:

2 butir telur

100 mil santan instan

Bahan C:

Sejumput garam

1 sdm margarin/butter

Olesan:

Secukupnya air matang

Taburan:

Secukupnya wijen putih.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat

1. Aduk dan campur seluruh bahan A, aduk rata, lalu masukkan bahan B sesuai urutannya, uleni dengan tangan hingga kalis.

2. Masukkan bahan C, uleni hingga cukup kalis elastis, bisa gunakan mixer dengan hook roti pada proses ini, tapi diuleni dengan tangan pun cukup mudah, tidak perlu seperti membuat adonan roti.

3. Istirahatkan adonan selama satu jam atau sampai mengembang dua hingga tiga kali lipat, tutup dengan serbet bersih.

4. Setelah mengembang, kempiskan adonan, taburi meja kerja dengan tepung terigu secukupnya, pipihkan adonan setebal kira-kira satu cm, lalu potong-potong adonan dengan scraper/sepatula plastik berbentuk persegi.

5. Tata adonan berjarak, agar tidak saling menempel, istirahatkan kembali selama 15-20 menitan hingga mengembang sekali lagi.

6. Setelah mengembang lagi, olesi permukaan adonan dengan kuas dan air, lalu taburi dengan wijen, sambil sedikit ditekan agar wijennya tak gampang rontok saat digoreng.

7. Panaskan minyak banyak dengan api kecil, goreng Odading pada minyak panas, sekali balik, hingga kedua sisinya matang sempurna dan berwarna golden brown.

8. Angkat, tiriskan, sajikan kue Odading selagi hangat.  (Brigitta Valencia Bellion)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: