Sukses

6 Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Jeda Makan Siang, dari Yoga sampai Tabata

Liputan6.com, Jakarta - D masa pandemi Covid-19 ini Anda mungkin sulit untuk mencapai keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan ketika rumah juga merupakan kantor Anda. Namun, olahraga di siang hari dapat menjadi cara yang efektif dan tentunya menyehatkan untuk mengambil istirahat yang sangat dibutuhkan.

"Jika Anda mencoba mengatur ulang, jalan-jalan saat makan siang, sesi Pilates, atau aktivitas lain dapat membantu tidak hanya aspek fisik kebugaran tetapi juga manfaat mental, yang selama ini sangat besar," kata Donna Walker, seorang personal trainer di Chicago, dilansir dari laman Bustle, 30 Januari 2021.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jadi menggunakan istirahat siang untuk berolahraga sejenak bisa memiliki banyak manfaat. Berikut enam olahraga yang bisa Anda coba di waktu jeda makan siang.

1. Yoga

Meregangkan, memutar, atau bahkan menjungkirbalikkan dengan sesi yoga selama beberapa menit dapat membantu menghilangkan ketidaknyamanan akibat membungkuk di meja kerja Anda sepanjang pagi.

"Yoga dapat dimodifikasi sesuai tingkat kemampuan Anda, tidak memakan banyak ruang, dan Anda tidak membutuhkan peralatan." Kata Josh Siroko, dari Lift Chicago.

Menurut sejumlah penelitian, yoga bisa menenangkan baik secara fisik maupun mental. Yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres Anda, yang semuanya dapat menenangkan pikiran yang cemas dan berpacu.

2. Barre

Barre adalah program kebugaran dan olahraga yang terinspirasi balet yang menggunakan gerakan isometrik kecil untuk menantang kekuatan dan daya tahan otot Anda. Menurut Sarah Ashenden, direktur kebugaran di sebuah klub fitness di Chicago, latihan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan postur tubuh Anda.

Anda dapat melakukan latihan tanpa memerlukan peralatan menari. "Yang Anda butuhkan hanyalah sesuatu untuk dipegang. Gagang pintu, kursi, atau bagian belakang sofa Anda bisa digunakan," kata Ashenden.

2 dari 5 halaman

3. Berjalan

Berjalan beberapa menit di luar ruangan punya banyak manfaat untuk fisik dan mental: Ini dapat meningkatkan energi Anda, menjernihkan pikiran, menghilangkan stres, dan memberikan perubahan suasana yang menyenangkan.

Jalan-jalan di luar ruangan juga bisa untuk meningkatkan kesehatan mental, terutama bila dilakukan dengan orang lain. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu untuk mendapatkan keuntungan. Dengan berjalan kaki, Anda dapat memilih untuk mendorong kecepatan Anda atau melangkah lebih jauh untuk menantang diri Anda sendiri.

4. Berlari

Jika berjalan tidak sesuai dengan kecepatan Anda, cobalah berlari atau jogging. Berlari dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi dalam jangka pendek dan panjang, dan tidak membutuhkan peralatan apa pun.

Kekurangan waktu? Siroko merekomendasikan untuk tetap berpegang pada sprint atau lari cepat dalam jarak pendek karena membutuhkan waktu lebih sedikit daripada berlari lebih lama dengan kecepatan lebih lambat.

Jika Anda seorang pelari biasa, dia menyarankan untuk menyeimbangkan jarak Anda dengan sesi latihan kekuatan yang sering untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Berlari di siang hari di tempat yang agak nyaman dan tidak terlalu panas bisa memberi Anda istirahat sekaligus memberi makan tubuh Anda dengan udara dan sinar matahari.

3 dari 5 halaman

5. Naik Turun Tangga

Tangga di rumah atau tempat tinggal Anda adalah tempat yang tepat dan praktis untuk melakukan latihan kardio dan kekuatan. "Menggunakan tangga dengan cara yang berbeda bisa menjadi latihan yang hebat dan menyenangkan," kata Donna Walker.

Untuk mendapatkan latihan seluruh tubuh, coba berjalan mundur untuk melatih paha belakang Anda atau letakkan kaki Anda di tangga dan tangan di lantai (atau sebaliknya) untuk push-up.

6. Tabata

Tabata atau latihan interval intensitas tinggi (High Intensity Interval Training) adalah salah satu olahraga intensitas tinggi yang menguras keringat dan juga melatih otot hampir di setiap bagian tubuh dalam waktu yang efektif. Durasi dari olahraga ini biasanya tidak perlu lama.

Dalam satu sesi, hanya dibutuhkan 20 detik dan diikuti 10 detik istirahat. Lakukan dua kali sesi dan semuanya hanya menghabiskan waktu 4 menit saja. Gerakan Tabata tidak memerlukan peralatan apa pun atau ruangan besar untuk melakukannya. Gerakan tabata umumnya terdiri dari jump squat, lateral plank walk, push-up, dan jumping lunges.  (Melia Setiawati)

4 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: