Sukses

7 Jenis Istirahat yang Dibutuhkan Tiap Orang Menurut Terapis

Ada beberapa macam istirahat yang dibutuhkan oleh tiap orang. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Istirahat sama pentingnya bagi tubuh seperti makan dengan benar dan berolahraga. Ketika berbicara tentang istirahat, kita kebanyakan berpikir tentang istirahat fisik dan mental.

Tapi itu tidak benar. Faktanya, ada lebih banyak jenis istirahat yang Anda butuhkan dari waktu ke waktu.

Dalam postingan menarik di Instagram oleh Tasha Bailey, seorang konselor trauma dan terapis, berikut adalah daftar tujuh jenis istirahat yang kita semua butuhkan. Melansir dari TimesofIndia, ini dia:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Istirahat fisik

Seperti namanya, istirahat fisik berhubungan dengan memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Bailey ingin orang-orang, "memastikan tubuh dapat mengisi ulang dengan membiarkannya melambat dan memperbaiki."

Tidur siang, tidur lebih awal dari biasanya, melakukan yoga, dan meluangkan waktu untuk makan siang dengan tenang dapat menjadi beberapa jenis istirahat fisik.

 

3 dari 8 halaman

2. Istirahat mental

Istirahat mental persis seperti kedengarannya - istirahat untuk mengisi ulang mental ketika kita merasa sulit untuk berkonsentrasi. Misalnya, melepaskan diri dari gawai, mencoba berpikiran positif, atau memutar musik favorit Anda. Ini semua dapat membantu Anda mendapatkan istirahat mental.

 

4 dari 8 halaman

3. Istirahat emosional

"Melepaskan beban emosional" adalah arti dari istirahat emosional. Bagikan emosi Anda dengan seseorang yang Anda cintai.

Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara dengan teman atau kerabat, cobalah berbicara dengan terapis.

 

5 dari 8 halaman

4. Istirahat sosial

Istirahat sosial mengacu pada, "memulihkan diri kita sendiri melalui hubungan dengan siapa diri Anda sebenarnya," kata Bailey. Sederhananya, istirahat sosial berarti berhubungan kembali dengan diri sendiri.

Mengembalikan diri kita dengan berbicara dengan mentor dan teman kita dan menghabiskan waktu dengan orang yang menegaskan kita adalah beberapa hal yang dapat Anda nikmati.

 

6 dari 8 halaman

5. Istirahat yang kreatif

Untuk membuat diri Anda tetap bersemangat dan menemukan lebih banyak inspirasi, istirahat dari kreativitas itu penting. Terkadang melepaskan diri dari kreativitas kita sendiri dan beralih ke kreativitas orang lain juga dapat membantu.

Anda cukup membaca buku, berjalan-jalan, atau melihat karya seni orang lain. Membersihkan meja kerja dan merapikan kamar Anda juga dapat membantu menenangkan pikiran.

 

7 dari 8 halaman

6. Istirahat sensorik

"Mundur dari beban indrawi yang berlebihan dengan berhubungan kembali dengan diri Anda sendiri," adalah yang digambarkan Bailey sebagai hal yang penting.

Mematikan gadget Anda, menghirup udara segar, dan membuat jurnal dapat membantu Anda mendapatkan istirahat indrawi. Anda dapat berolahraga di luar ruangan atau menulis jurnal yang wajib dicoba jika Anda belum pernah melakukannya.

 

8 dari 8 halaman

7. Istirahat spiritual

Bentuk istirahat terakhir yang disoroti oleh terapis adalah istirahat spiritual. Dia berkata, "Kita membutuhkan ini untuk merasa berlabuh dan disesuaikan dengan tujuan dan harmoni kita,".

Membaca kitab suci atau tulisan filosofis, bermeditasi, dan menjadi sukarelawan dapat membantu Anda mendapatkan istirahat spiritual. Jika Anda belum mencoba meditasi, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.