Sukses

Simak, 6 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Bagi Pemula

Ikan cupang terbilang ramah untuk para pemula. Berikut, enam cara mudah merawatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hobi memelihara ikan cupang kembali ngetren sejak pandemi Covid-19 merebak pada 2020. Ikan hias ini jadi pilihan untuk melepas stres di saat banyak orang diminta membatasi diri dari keluar rumah. Cara merawatnya juga terbilang mudah.

Keindahan corak dan bentuk ekor yang dan berwarna-warni membuat banyak kalangan tertarik memelihara ikan cupang di rumahnya. Apalagi, ikan cupang hias ini bisa dijadikan pajangan di rumah maupun sekedar hobi untuk merawatnya.

"Pada dasarnya, orang yang mau merawat ikan cupang bisa menjadi hobi itu juga bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, bahkan juga dapat menghilangkan stres. Dengan melihat uniknya ikan cupang dari segi warna dan bentuk yang jenisnya berbeda-beda, membuat orang tertarik akan ikan hias satu ini," ucap Rizki, salah satu kolektor ikan cupang kepada Liputan6.com, Selasa, 26 Januari 2021.

Ikan cupang juga terbilang ramah bagi para pemula atau yang baru tertarik memeliharanya. Cara perawatannya ternyata tidak terlalu sulit, tapi membutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara dapat berkembang dengan baik.

Selain itu, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mempraktikan cara merawat ikan cupang yang benar. Berikut ini enam cara mudah merawat ikan cupang bagi pemula. 

1. Pemilihan Wadah yang Tepat

Ikan cupang dapat hidup di wadah seperti toples, akuarium atau lainya. Namun,, Anda sebaiknya menggunakan wadah berukuran tiga liter atau berdiameter 20 x 15 x 15 cm sehingga ikan leluasa bergerak dalam wadah tersebut. Wadah tersebut juga memudahkan saat dibersihkan secara rutin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kenali Jenis Air untuk Ikan Cupang

Air yang baik untuk ikan cupang sangat disarankan menggunakan air dari sumur atau PAM yang sudah diendapkan lebih dulu selama kurang lebih sehari. Tetapi, lebih lama lebih bagus mengingat ikan cupang adalah jenis ikan air tawar.  Jadi, dengan menggunakan air tersebut seakan jadi habitat aslinya dan membuat ikan cupang terasa nyaman.

3. Tidak Perlu Menggunakan Aerator

Perawatan ikan cupang tidaklah sulit, tidak seperti ikan hias lainya seperti guppy, maskoki, dan lain-lain. Cukup rajin membersihkan tempatnya seperti akuarium atau toples, dan mengganti airnya. Disaraankan untuk mengganti setiap tiga kali sehari, atau paling lama seminggu sekali.

3 dari 4 halaman

4. Proses Memberi Makan

Ikan cupang cukup diberi cacing sutera, kutu air, dan pelet kecil. Pemberiannya cukup sehari sekali dan berikanlah makanan ikan cupang secara bertahap. Ingat, jangan memberi makanan terlalu banyak karena makanan yang tersisa dapat mengotori akuarium dan memicu timbulnya penyakit.

5. Berikan Obat Seperti Daun Ketapang

Selain memberi makan, ikan cupang juga sebagiknya diberi daun ketapang. Hal ini berguna sebagai antibiotik alami yang tepat untuk membantu menyebuhkan luka pada ikan cupang seperti ekor yang robek atau patah. Daun ketapang juga dapat membuat pH air stabil.

6. Jemur Ikan Cupang Sesekali di Bawah Sinar Matahari

Menjemur ikan cupang di bawah sinar matahari bertujuan untuk membunuh bakteri dari jamur yang ada pada wadah maupun kulit ikan cupang. Waktu menjemur ikan cupang lebih baik antara pukul 8.00--10.00 pagi kurang lebih 30 menit dan dilakukan seminggu sekali.

Kegiatan ini juga dapat membuat ikan cupang terlihat lebih fresh dan terhindar dari stres. "Rawat ikan cupang dengan sepenuh hati, seperti layaknya orang tua merawat anakanya. Yang mana tidak ingin anaknya sakit. Untuk hobi terhadap binatang lain juga seperti itu," ucap Fajri, salah satu pedagang ikan cupang di Jakarta. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.