Sukses

Bandara di Inggris Bakal Kenakan Biaya bagi Pengemudi yang Turunkan Penumpang

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Heathrow di Inggris bakal mengenakan biaya kepada setiap pengemudi yang menurunkan penumpang di bandara tersebut senilai lima Pound sterling atau setara Rp95 ribu. Hal itu sebagai upaya pihak bandara untuk mencari keuntungan.

Bandara telah kehilangan 1,5 miliar Pound sterling pada 2020 karena pandemi corona Covid-19. Hal itu menyusul merosotnya jumlah penumpang yang diperkirakan sebesar 80 persen, seperti dilansir dari laman The Sun, Senin (7/12/2020).

Pihak bandara telah mengumumkan rencana Forecourt Access Charge (FAC), yang mulai diberlakukan pada akhir 2021. Hal ini akan berlaku untuk semua pengemudi yang memasuki terminal, tapi tidak termasuk pemegang lencana biru dan kendaraan darurat.

Penumpang yang tidak ingin membayar biaya, harus diturunkan di shuttle bus. Mereka dapat melakukan perjalanan ke bandara menggunakan bus antarjemput gratis.

Heathrow Director of Surface Access, Tony Caccavone mengatakan keputusan itu dibuat karena dampak pandemi yang "parah" pada industri penerbangan.

"Perubahan ini akan membantu kami melindungi bisnis secara finansial dan menyelamatkan pekerja dalam jangka pendek, sementara juga memungkinkan kami untuk tetap berada di jalur tujuan jangka panjang kami untuk menyiapkan opsi transportasi yang aman, berkelanjutan, dan terjangkau di masa depan," kata dia.

2 dari 4 halaman

Lebih Mahal Usai Pandemi

Sebuah studi tahun lalu menemukan London Stansted dan London Luton memiliki biaya bandara tertinggi. London Stansted sekarang mengenakan biaya tujuh Pound sterling untuk pengemudi yang tinggal selama 15 menit, sedangkan London Luton mengenakan biaya empat pound sterling untuk 15 menit pertama.

Bandara di Inggris yang tidak mengenakan biaya adalah London City, London Gatwick dan London Heathrow. Gatwick sekarang mengenakan biaya lima pound sterling untuk 30 menit pertama, sesuatu yang mungkin dipilih Heathrow untuk diikuti, sementara London City adalah 3,5 Pound sterling untuk 10 menit pertama.

Bandara Jersey memiliki pengantaran gratis di terminal, sedangkan Belfast dan Cardiff gratis untuk 10 menit pertama. Mereka bukan satu-satunya biaya baru dari penumpang, easyJet telah menghapus kebijakan bagasi jinjing gratis mereka, dengan mengenakan biaya 24 Pound sterling untuk koper di kabin.

Penerbangan juga menjadi lebih mahal setelah pandemi. Lebih dari 200 bandara di Inggris dan Eropa menghadapi penutupan, dengan bandara regional yang paling terpukul oleh penguncian.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: