Sukses

Komunitas TDA Kumpulkan Donasi Rp1 Miliar untuk Pembuatan 14 Ribu APD

Program TDA Peduli menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri sebanyak 14.000 pcs Hazmat ke seluruh pelosok Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid 19 membuat perekonomian di hampir seluruh dunia lumpuh, tak terkecuali di Indonesia. Dampak perekonomian di Tanah Air sangat terasa sekali. Data menunjukkan bahwa banyak pengusaha besar dan UMKM berimbas juga.

Belum lagi pasien yang terindikasi positif hari demi hari terus bertambah sehingga kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis juga semakin tinggi.

Menyadari hal tersebut, Komunitas TDA (Tangan Di Atas) melalui Program TDA Peduli menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri sebanyak 14.000 pcs Hazmat ke seluruh pelosok Indonesia.

Penyaluran bantuan ini bekerja sama dengan member TDA yang mempunyai usaha konveksi yang berasal dari Jabodetabek, Bandung, Solo, Jogja, Blitar hingga Surabaya.

Direktur Program Khusus TDA, melalui TDA Peduli, Wahyu Agus Ariadi yang hadir dalam acara penyerahan donasi Hazmat di RSUD Kabupaten Kediri mengatakan, bahwa proses yang diinisiasi oleh TDA ini menjadi solusi ketika tenaga medis kesulitan mendapatkan APD dan sekaligus berhasil mengangkat geliat perekonomian member di masa pandemi ini.

“Kami bergotong royong. Donasi 1 member 1 APD senilai Rp80 ribu, total donasi yang dikumpulkan selama kurang lebih 1 bulan ini sudah mencapai Rp825.511.023, pada akhir bulan lalu,” terang Wahyu Agus Ariadi melalui teleconference virtual, baru-baru ini.

“Dari target 14. ribu APD ini sudah didistribusikan lebih dari 10 ribu APD ke seluruh pelosok Indonesia, dari rumah sakit rujukan, non rujukan, puskesmas dan klinik. Seperti RS BMC Bogor, RS Mulia Bogor, RSUD Kota Bogor, RSUD Cibinong, RSUD Kota Madiun, RSUD Ciawi, RSUD Sejiran Setason Bangka, RSUD Sekarwangi, RSUD Tanjungpinang dan banyak lainnya,” lanjutnya.

Wahyu mengatakan, program ini mempunyai dua manfaat utama. Pertama, program ini membantu menyelamatkan UMKM Konveksi yang sangat terkena dampak corona.

Dengan memproduksi hazmat sesuai standar medis yang dikoordinasi TDA Pusat, mereka masih bisa produksi dan meminimalisasi PHK karyawan mereka. Kedua, program ini membantu tenaga medis yang kekurangan APD terutama di bulan maret sampai pertengahan April lalu.

“Selain mengadakan program donasi APD ini TDA Peduli juga mengadakan donasi 20.000 pcs Hand Sanitizer dan juga sembako dan masker gratis yang sudah dibagikan oleh pengurus-pengurus TDA di daerah-daerah yang tersebar di 95 kota di Indonesia.,” pungkas Wahyu.

TDA Peduli juga mengajak masyarakat luas yang ingin menyalurkan donasinya melalui Rekening Mandiri 120-00-0133333-0 atas nama Yayasan TDA Indonesia - TDA Peduli Khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini