Sukses

Tips Merawat Kulit Kering Akibat Sering Mencuci Tangan

Saat pandemi corona Covid-19 sejumlah orang sering cuci tangan dengan hand sanitizer yang beralkohol tinggi dapat membuat kulit iritasi. Bagaimana cara mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Sejak corona COVID-19 menyebar ke penjuru dunia, kegiatan mencuci tangan makin sering dilakukan banyak orang. Cuci tangan secara teratur adalah cara pencegahan yang paling efektif, termasuk tinggal di rumah.

Sementara, cuci tangan yang sering dan menggunakan hand sanitizer juga memiliki efek buruk pada kulit. Keduanya bisa membuat tangan terasa kering, pecah-pecah, dan sakit, seperti dilansir dari Independent, Rabu, 15 April 2020.

Menurut Dr Susan Mayou, seorang konsultan dermatologis di Cadogan Clinic, ini karena seiring waktu, pencucian yang berlebihan bisa menghabiskan penghalang pelindung alami kulit.

"Mencuci tangan secara berulang dapat merusak keutuhan kulit sebagai penghalang, menghilangkan minyak alami dan menyebabkan tangan menjadi kering, sakit, dan teriritasi," kata Dr. Mayou.

Oleh karena itu, dia menyarankan untuk menggunakan pelembab kulit dan jangan menghentikan cuci tangan. Jadi, hal sederhana apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi iritasi? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi Iritasi

Berikut ini adalah panduan dokter kulit untuk merawat tangan Anda selama krisis pandemi corona COVID-19.

Pelembap antimikroba

Orang bisa menggunakan pelembap antimikroba untuk mencuci tangan dan bukan sabun biasa karena dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit, terutama ketika Anda menderita kondisi seperti eksim atau dermatitis. Dr Mayou menyarankan untuk mencari produk-produk yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter dan lidah buaya.

Setelah mengeringkan tangan Anda atau menggunakan gel pembersih tangan, gunakan lapisan krim tangan untuk membantu menjaga kulit tetap bergizi, agar meminimalkan iritasi kulit.

Memakai sarung tangan

Mengenakan sarung tangan akan memberikan lapisan perlindungan tambahan dan sangat bermanfaat saat membersihkan tangan.

Dr Mayou menambahkan bahwa mengenakan sarung tangan di luar akan memberikan lapisan perlindungan terhadap kulit, yang juga dapat mengeringkan kulit, sambil menerapkan lapisan krim tangan yang tebal di malam hari dengan sarung tangan katun sebelum tidur dapat membantu menyehatkan dan memperbaiki kulit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini