Sukses

Desain Interior Kantor Gojek yang Kekinian, Ada Ruang untuk Bermain dan Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai startup atau perusahaan rintisan yang telah menyandang status decacorn, Gojek memiliki kantor dengan deretan fasilitas penunjang terbaik. Di kantor Gojek diterapkan budaya kerja yang non-formal, minimnya birokrasi, hingga jam kerja yang fleksibel.

Kantor Gojek pun didesain dengan sedemikian rupa agar para karyawannya bisa bekerja dengan nyaman dan mampu mengasah ide kreatif tanpa adanya kubikel ruangan. Yuk, intip desain interior kantor Gojek yang kekinian yang bikin betah seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

1. Homey

Keunikan dan kenyamanan dari kantor pusat Gojek yang berlokasi di Pasaraya Blok M ini didesain oleh Domisilium Studio. Sebagai pelopor ojek online di Indonesia, Gojek berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern dengan anggota tim yang dituntut dinamis, progresif, dan inovatif.

Budaya kerja inilah yang kemudian dijadikan panduan dalam mendesain kantor Gojek Headquarter. Nadiem Makarim sebagai founder, pada saat itu menginginkan kantor yang nyaman, rileks, dan homey. Menyesuaikan dengan karakter mayoritas anggota tim yang masih termasuk generasi milenial lewat sentuhan desain interior.

2 dari 7 halaman

2. Menghilangkan hierarki karyawan

Tetap mengutamakan suasana kerja yang santai namun produktif, Gojek Headquarter didesain agar setiap individu yang bekerja dapat merasa memiliki peran yang sama penting dalam tim.

Hal ini merupakan faktor krusial, sehingga pada akhirnya seluruh unsur yang ada dalam tim dapat bekerja bersama untuk menjadikan Gojek sebagai perusahaan nasional yang mengglobal.

Konsep ini terlihat dari hilangnya kubikel, dengan menerapkan konsep kantor open plan. Setiap orang bebas bekerja di mana saja, baik itu yang berstatus intern hingga ke level manager.

3 dari 7 halaman

3. Dominasi warna hijau

Kantor Gojek didominasi warna hijau sesuai dengan ciri khas dari brand tersebut. Warna hijau inimendominasi hampir setiap perabotan dan dekorasi di dalam ruangan. Seperti pada kursi meja, bantal sofa, hingga tirai.

Warna hijau turut dikombinasikan dengan aksen putih sehingga ruangan terkesan lebih bersih dan luas. Selain itu, tetap tersedia laci di atas meja kerja untuk menyimpan barang-barang keperluan.

4 dari 7 halaman

4. Konsep industrial

Desain interior dari ruang kantor di Gojek mengusung konsep industrial. Hal ini dapat dilihat dari langit-langit yang dibuat terbuka, serta beberapa dinding yang seolah tak dicat dan dibiarkan menonjolkan pulasan semen yang tak rata. Bahkan, ada juga beberapa area yang mengekspos bata merah.

5 dari 7 halaman

5. Warna-warni yang ceria hingga mural

Ruang kantor tentu akan merepresentasikan budaya dan jati diri orang yang bekerja di dalamnya. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri kreatif, lingkungan kantor Gojek pun didesain untuk mendukung proses kreativitas karyawannya.

Hal ini terlihat dari penggunaan warna-warna yang ceria hingga adanya dinding mural. Ada banyak mural warna-warni yang tentunya menyisipkan logo Gojek di tembok-tembok kantor. Selain itu, ruang tunggu juga dihiasi dengan kursi warna warni yang dijamin tidak akan membuat Anda bosan menunggu.

6 dari 7 halaman

6. Play room dan fasilitas hiburan lainnya

Bosan bekerja? Mau menghilangkan rasa jenuh bekerja dengan bermain? Bisa banget. Kantor Gojek juga menyediakan mesin permainan yang berjajar rapi di sebuah ruangan yang disebut play room, mulai dari basket, mesin video game, meja pingpong, dan beragam permainan lainnya bisa dimainkan di sini.

Selain play room, masih ada beragam fasilitas rekreasi yang disediakan. Mulai dari fitness dengan loker penyimpanan, sleeping room, tempat yoga, ruang teater, ruang menyusui, kafe, hingga restoran.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Begini Cara Tangkap Ular Cobra dengan Galon Air Mineral
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Selebritis Ini Berjuang Melahirkan di Saat Pandemi Virus Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Makin Jago Bahasa Indonesia, Choi Siwon Disarankan Membuat KTP