Sukses

Inspirasi Menghijaukan Hunian di Lahan Terbatas ala IKEA

Banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan menghijaukan isi hunian. Salah satunya bisa mencegah flu.

Liputan6.com, Jakarta -  Punya lahan terbatas di rumah bukan berarti tak butuh yang hijau-hijau. Dilansir dari laman Treehugger.com, Kamis, 28 November 2019, keberadaan tanaman hijau tentu saja bukan hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif di rumah. 

Mereka bisa menyediakan oksigen untuk penghuni rumah sepanjang hari asalkan dipilih jenis yang tepat. Di antaranya, anggrek dan succulent.

Keberadaan tumbuhan hijau di rumah juga bisa mencegah penyakit lantaran kehadirannya bisa meningkatkan kelembaban di dalam rumah. Dengan kondisi tersebut, Anda bisa mencegah kulit kering, flu, demam, sakit tenggorokan hingga batuk kering. Menyenangkan, bukan?

Manfaat kesehatan lain yang didapat dengan merawat tumbuhan hijau adalah bisa membersihkan udara secara alami. Penelitian NASA menunjukkan kualitas udara membaik bila terdapat tetumbuhan di dalam ruang karena bisa menyerap racun-racun yang ada, seperti karbondioksida dan formaldehid. Jenis tumbuhan yang disarankan di antaranya chrysanthemum, bunga Daisy, lidah mertua, dan palem bambu.

Tanaman hijau juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan. Sejumlah penelitian merekomendasikan tanaman sebagai terapi pengobatan yang noninvasif, murah, dan efektif bagi pasien sehabis operasi. Melihat tanaman hijau terbukti bisa menurunkan tekanan darah, tingkat kesakitan, kecemasan, dan kaku pada tubuh.

Tanaman hijau juga bermanfaat meningkatkan konsentrasi, memori, dan produktivitas. Maka itu, mengabaikan keberadaan tanaman akan merugikan manusia. Namun, banyak yang mengeluhkan soal keterbatasan lahan di rumah sehingga meniadakan elemen hijau itu.

Padahal, banyak cara menyiasatinya. Anda bisa menyontek inspirasi penghijauan rumah ala IKEA berikut yang dipamerkan lewat ruang-ruang inspirasi di toko terbaru mereka di Sentul City.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percantik Balkon

Cara pertama adalah memanfaatkan balkon sempit untuk menaruh pot tanaman daun monstera. Pilih pot berdesain simpel agar terkesan lapang. Ukurannya bisa disesuaikan dengan luasan balkon yang Anda miliki.

3 dari 3 halaman

Rak Susun

Alternatif kedua menghadirkan hijau di rumah menata tanaman-tanaman hijau di rak susun. Selain lebih rapi, pot-pot tersebut bisa menjadi alternatif pajangan di rumah. Sesuaikan saja ukuran rak dan jenis tanaman agar tak memakan banyak ruang.

 

Cara selanjutnya adalah dengan menyiapkan satu pojok khusus. Anda bisa memilih tanaman tinggi nan ramping yang ditaruh dalam pot, seperti tanaman bambu. Bisa divariasikan dengan tanaman daun lainnya agar lebih cantik

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan ruang tersisa sebagai tempat santai terbuka di belakang rumah. Taruhlah beberapa tanaman dalam pot di samping kursi tahan air sebagai pemanis. Anda juga bisa menaruh meja tingkat untuk menempatkan sejumlah pot kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.