Sukses

3 Tanaman Hijau Penghasil Udara Bersih di Dalam Rumah

Hanya dengan ketiga tanaman hijau ini, Anda sudah bisa dapatkan udara bersih tanpa perlu membeli alat pembersih udara.

Liputan6.com, Jakarta - Udara bersih makin sulit didapat. Tapi ternyata, Anda bisa menciptakannya di dalam rumah dengan menempatkan tiga tanaman hijau yang banyak tersedia di sekitar.

Seorang aktivis lingkungan hidup sekaligus peneliti dari India, Kamal Meattle merekomendasikan ketiga tanaman tersebut setelah melalui penelitian selama 15 tahun. Ketiga tanaman itu adalah pohon palem Areca, lidah mertua, dan sirih gading.

Dalam video yang diunggah Ted.com berjudul How To Grow Fresh Air, Meattle mengaku penelitian itu dilakukan lantaran kinerja paru-parunya menurun hingga 70 persen akibat polusi udara di Delhi. Hal itu bisa membunuhnya.

"Dengan bantuan IIT, TERI dan pengetahuan dari NASA, kami menemukan bahwa ada tiga tanaman hijau dasar, tanaman hijau yang biasa saja, yang bisa kita gunakan untuk menumbuhkan udara bersih yang kita butuhkan di dalam ruangan," katanya.

Ia pun mengaplikasikannya di dalam gedung berukuran 4.645 meter persegi dan berusia 20 tahun. Berdasarkan penelitian, dibandingkan dengan gedung lainnya yang tak menempatkan tanaman hijau di dalam ruang, ada penurunan jumlah insiden iritasi mata hingga 52 persen, masalah pernapasan hingga 34 persen, dan masalah sakit kepala hingga 24 persen.

Selain itu, kerusakan paru-paru menurun hingga 12 persen dan penyakit asma hingga 9 persen. Penelitian itu telah diterbitkan pada 8 September 2008, yang dapat dilihat pada website pemerintah India.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pohon Palem Areca

Menurut Meattle, pohon palem Areca adalah tanaman yang mengubah CO2 menjadi oksigen. Ia mengatakan setiap orang membutuhkan empat tanaman setinggi bahu.

Untuk menanam tanaman itu, Anda perlu kompos yang steril atau menggunakan metode hidroponik dan membawanya keluar ruangan setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

"Dan dalam mengurusnya, kita harus membersihkan daunnya setiap hari di Delhi, dan mungkin sekali setiap minggu di kota yang berudara lebih bersih," kata dia.

Lidah Mertua

Tanaman ini bisa disebut sebagai tumbuhan kamar tidur. Fungsinya adalah mengubah CO2 menjadi oksigen pada malam hari.

"Setiap orang membutuhkan enam sampai delapan tanaman setinggi pinggang untuk setiap orang," ujarnya.

Daun Sirih Gading

Tanaman bernama latin Eprimemnum aureum itu lebih dianjurkan ditanam di media hidroponik. Tanaman yang satu ini diyakini bisa menghilangkan formalin dan banyak zat kimia volatil lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.