Sukses

6 Trik Menyiasati Penempatan Tanaman Hias di Ruang Sempit

Anda tidak memiliki ruang yang begitu besar untuk meletakkan tanaman hias? Jangan khawatir, simak enam trik menyiasatinya berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat beragam cara untuk mempercantik hunian, mulai dari menata ruang, hingga soal pemilihan dekorasi dan interior. Di sisi lain, penempatan tanaman hias juga jadi salah satu pilihan untuk membuat rumah terasa kian nyaman.

Namun, bagaimana penempatan tanaman hias di ruang sempit? Jangan khawatir, ada beberapa trik untuk menyiasati keterbatasan ruang.  Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir Bustle, Jumat (29/3/2019) di bawah ini.

1. Tanaman Gantung

Tanaman gantung jadi salah satu solusi bagi Anda yang tinggal di hunian vertikal macam apartemen. Anda dapat menggantung tanaman dengan satu tali.

2. Hadirkan Dinding Hijau di Hunian

Anda dapat memakai sistem tanaman saling berhubungan dan menggantung secara vertikal. Cara ini dapat Anda tempatkan di dinding sesuai selera. Trik ini juga sangat tepat bagi Anda yang memiliki anggaran tidak terlalu besar.

Anda bisa membuat dinding hijau sendiri dengan beberapa tanaman dan sistem penanam dari toko perangkat keras atau membeli kit penanam dalam ruangan. Jika membeli kit, pastikan bahan-bahan tidak bocor ke dinding dan patuhi instruksi penyiraman dengan sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buat Terarium Sendiri

Terarium sangat populer saat ini dan dapat jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tak memiliki ruang terlalu besar. Inhabitat menyebut Terarium sangat mudah dibuat dan dapat bertahan hampir tanpa batas air minimal.

Mereka cukup diunggulkan karena ekosistem mandiri yang tumbuh subur tanpa banyak bantuan dari orang lain. Ada banyak tutorial cara membuat terarium secara online. Yang perlu disediakan adalah wadah kaca, tanaman, tanah, dan batu yang diletakkan di bagian bawah.

4. Tanaman Bertingkat di Dinding dan di Atas Pintu

Tanaman yang dapat ditumpuk adalah pilihan terbaik untuk memastikan Anda mendapat paparan tanaman di ruang sempit. Anda dapat meletakkannya di atas pintu, gantungkan di rak atau bagian depan lemari pakaian.

3 dari 3 halaman

5. Tanaman-Tanaman Kecil

Micro-plants atau tanaman-tanaman kecil juga dapat Anda hadirkan di ruang sempit untuk menambah kesan menarik. Sebut saja kaktus, sukulen kecil, chinese money plant, lucky bamboo, sampai snake pearls.

Apa pun pilihannya, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu soal ukuran yang sebenarnya saat nanti tumbuh. Jika ukurannya sekarang kecil, tapi pada akhirnya akan melebihi pot dua pertiga, itu mungkin bukan tanaman terbaik untuk lingkungan dalam ruang yang mungil.

6. Gunakan Tanaman Rendah Cahaya di Area Gelap

Ruangan sedikit cahaya atau tak ada sama sekali? Jangan khawatir, Anda masih dapat memiliki beberapa tanaman di ruang yang ingin Anda hadirkan. Balcony Gardening mengacu pada tanaman Silver Queen plant, lidah ibu mertua, hingga Parlour Palm yang memungkinkan untuk lingkungan kurang cahaya.

Sementara, Better Homes & Gardens menyoroti philodendron, Boston Ferns, dan anggrek moth sebagai pilihan yang baik. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.