Sukses

3 Cara Mudah Menjadi Trendsetter Lingkungan

Untuk menjaga lingkungan kita, ada tiga cara mudah untuk menjadi trendsetter lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak merasa bangga kalau jadi trendsetter lingkungan? Pasti banyak yang bangga, karena dapat menjadi contoh kebaikan untuk sekeliling kita. Anda pasti sudah tahu kalau Indonesia termasuk negara ke dua penyumbang sampah plastik di dunia?

Sebagai orang Indonesia, kita seharusnya merasa malu. Apalagi negara kita memiliki banyak kekayaan alam yang sangat indah. Tentu Anda tidak mau kalau keindahan itu hilang begitu saja hanya karena sampah plastik.

Karena itu, kita jaga lingkungan kita. Jadikan trendsetter lingkungan untuk diri Anda masing-masing. Seperti apa caranya? Simak tiga langkahnya berikut ini.

1. Membawa Bekal

Cara ini sebenarnya paling ampuh, cukup bawa bekal makanan dan minuman Anda sendiri dari rumah untuk setiap kegiatan Anda. Selain bawa bekal dapat meminimalisir pengeluaran, Anda sudah ikut membantu mengurangi penggunaan sampah plastik.

Jadi, Anda tak perlu lagi membeli makanan dan minuman pakai wadah sekali pakai. Bukan itu saja, Andsa bisa mengolah kreatifitas dengan membuat makanan kesukaan Anda dan mengisi ulang minum di tempat minum yang Anda bawa kemanapun.

Menurut Merry Widiastuti selaku Produk Officer Tupperware Indonesia, Anda tak perlu melakukan hal tersebut. Itu karena Tupperware mempunyai beragam tipe produk untuk bawa bekal yang kekinian dan modern.

"Salah satunya tempat makan BYO Tupperware yang dilengkapi oleh tas dengan model yang simple cocok untuk kaum millennial. Dengan begitu bawa bekal pun terlihat lebih modis dan menarik tentunya sesuai dengan gaya trend kekinian," terang Merry.

2. Buang Sampah Pada Tempatnya

Hal ini memang ini terlihat sepele, tapi dampaknya sangat besar. Sering kali ketika kita selesai mengonsumsi makanan atau minuman, bungkusnya kita buang sembarangan.

Padahal mungkin di sekitar kita telah disediakan kantong sampah. Meski tong sampah tidak bisa kita temukan, alangkah baiknya sampah tersebut kita simpan dan bawa terlebih dahulu sampai kita menemukan tempat sampah.

3. Gotong Royong

Kebiasaan positif ini semakin lama kian menghilang dan terkikis di Indonesia. Hal ini terjadi karena tiap orang memiliki kesibukan masing-masing yang sulit untuk ditinggalkan.

Meski begitu, gotong-royong membersihkan lingkungan adalah suatu hal yang sangat penting. Selain bisa mempererat persaudaraan antar tetangga dan warga, kerja gotong royong juga bisa membuat lingkungan sekitar menjadi lebih bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini