Sukses

Selain Buah, Daun Durian Juga Punya Manfaat Tak Terduga

Liputan6.com, Jakarta - Selain buah dan kulit serta kayunya, ternyata bagian pohon durian lainnya pun mempunyai manfaat. Hampir semua bagian pohon durian miliki manfaat, termasuk daunnya.

Daun durian memiliki bentuk beragam, dan yang berbentuk melonjong, melanset. Umumnya, panjang ujung daun durian kurang dari dua cm, sedangkan pangkalnya daun durian ada dua, yaitu menumpul dan membundar.

Selama ini, orang lebih banyak mengenal manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh, daripada daunnya. Belakangan ini, banyak orang yang menjajakan daun durian lewat online.

Berikut manfaat daun durian yang jarang diketahui publik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan klorofil dan serat yang terdapat dalam daun durian, dapat membantu menurunkan berat badan. Daun durian dapat diolah sebagai jenis tumis-tumisan dan mencampurnya dengan bahan lain untuk membantu menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun durian bisa dikonsumsi secara teratur akan membantu meningkatkan sistem imun. Tubuh menjadi tak mudah terserang penyakit karena tercukupinya nutrisi bisa membangun kekebalan tubuh.

2 dari 3 halaman

Mengobati Infeksi

Daun durian bisa digunakan sebagai herbal untuk mengobati infeksi. Caranya dengan meneteskan air rebusan daun salam ke luka di bagian tubuh. Bisa juga daun salam ditumbuk hingga lembut, kemudian ditempelkan pada luka luar dengan membalutnya dengan perban.

Mengobati Cantengan

Cantengan yang biasanya terjadi pada kuku merupakan infeksi yang cukup menyiksa hingga membuat tak nyaman. Cantengan bisa diobati dengan memanfaatkan daun durian.

Melancarkan Pencernaan

Daun durian bisa dijadikan sayur dengan campuran dengan bahan-bahan lain sehingga baik untuk dikonsumsi untuk pencernaan. Serat yang dikandung dalam daun durian mampu mengikat lemak, mencegah diare dan sembelit, mempercepat penyerapan protein dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading