Sukses

6 Cara Mendapatkan Rambut Hitam Berkilau dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut hitam berkilau dan juga sehat menjadi idaman banyak orang. Berbagai cara dilakukan oleh orang-orang untuk dapat menghitamkan rambut agar terlihat mempesona. Salah satunya dengan mewarnai rambut.

Namun, mewarnai rambut dalam jangka panjang akan membuat rambut tidak sehat dan cepat rusak. Hal ini karena kandungan bahan kimiawi yang terdapat di dalam pewarna rambut yang digunakan dalam waktu yang lama.

Memiliki rambut berkilau tentu saja akan merogoh kocek dan mengeluarkan budget untuk merawatnya. Untuk itu ada solusi yang dapat Anda gunakan yaitu menggunakan bahan-bahan alami di rumah Anda yang murah dan mudah didapatkan.

Berikut ada enam cara membuat rambut hitam berkilau dengan bahan alami. yang dirangkum dari beragam sumber, Jumat, 18 Juli 2019.

1. Mangga

Dilansir dari vanitynoapologies, mangga termasuk buah yang kaya akan serat untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah mangga juga sangat baik untuk perawatan rambut. Tak hanya itu, kandungan vitamin A tersebut juga dapat mengembalikan kilauan alami pada rambut Anda.

Caranya mudah, ambil beberapa lembar daun mangga dan satu hingga dua buah mangga. Setelah itu tumbuk kedua bahan ini hingga menjadi pasta. Lalu diamkan pasta ini di bawah matahari selama beberapa jam. Anda dapat mengoleskan pasta ini di rambut, diamkan sebentar baru bilas dengan air bersih ketika keramas.

2 dari 7 halaman

2. Minyak kelapa dengan lemon

Minyak kelapa dianggap sebagai bahan yang bisa membuat rambut hitam berkilau. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan terbukti mampu membantu mengurangi kekurangan protein pada rambut. Minyak kelapa mampu terserap sampai ke lapisan batang rambut sehingga membantu mengatasi kerusakan yang terjadi.

Sedangkan lemon membuat kulit rambut lebih sehat lewat kandungan asam dari kulitnya. Khasiat lemon menjadi bahan alami yang membuat rambut berkilau dan lebat dan kandungan nutrisi pada lemon dapat membantu pertumbuhan rambut.

Anda dapat membuat ramuan alami sendiri di rumah. Caranya, dengan memanaskan setengah cangkir minyak kelapa murni di atas api rendah. Lalu masukkan setengah cangkir jus lemon ke dalamnya dan aduk hingga merata. Kemudian tunggu hingga dingin.

Setelah itu siapkan ramuan tadi dengan mengoleskannya ke rambut Anda dan pijat dari atas hingga ujung rambut. Cara ini dapat dengan mudah Anda lakukan secara teratur di rumah agar memperoleh hasil yang baik.

3 dari 7 halaman

3. Bawang Merah

Dilansir dari vanitynoapologies, Bawang merah mengandung antioksidan yang tinggi dan vitamin A, C,E, serta mengandung sulfur yang mampu melindungi keratin rambut dari kerontokkan. Bawang merah juga dapat untuk merangsang sirkulasi darah di kepala dan memperlancar pertumbuhan rambut.

Selanjutnya, Anda dapat membuat bawang merah menjadi pasta. Lalu mengoleskan pasta tersebut ke seluruh rambut dari atas kepala hingga ujung rambut. Setelah itu Anda diamkan selama beberapa menit dengan topi mandi dan bilas dengan air bersih saat keramas.

4 dari 7 halaman

4. Lidah Buaya

Dilansir dari medicalnewstoday, tumbuhan berwarna hijau ini dapat membuat rambut Anda menjadi lebih lebat dan berkilau. Lidah Buaya kaya akan vitamin, mineral, dan bahan-bahan lain yang terkait dengan pertumbuhan rambut.

Kandungan tersebut memiliki kemampuan yang baik untuk kesehatan kulit kepala.  Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk menghitamkan rambut. Caranya dengan mengupas kulit lidah buaya setipis mungkin. Lalu ambil daging lidah buaya atu gelnya dan peras hingga mendapatkan cairannya.

Setelah itu oleskan cairan tersebut ke seluruh bagian rambut dan tutup dengan topi rambut selama satu jam. Lalu bilas rambut Anda menggunakan air hangat dan biarkan kering secara alami.

5 dari 7 halaman

5. Kopi Hitam

Dilansir dari stylecraze, kandungan kopi yang bersifat asam ternyata dapat membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala. Bubuk dari kopi juga dapat melepaskan sel kulit mati dari kulit kepala.

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi, mampu secara efektif merangsang akar rambut dan memicu pertumbuhan rambut lebih kuat. Kopi juga dapat membuat rambut Anda nampak lebih hitam alami.

Cara yang dapat Anda lakukan dengan melarutkan kopi hitam hingga dingin. Setelah itu oleskan keseluruh bagian kulit dan rambut. Kemudian rambut yang sudah dioleskan secara merata dapat dibuat sanggul dan ditutup dengan topi rambut selama 30 menit. Selanjutnya bilas menggunakan air bersih.

6 dari 7 halaman

6. Teh Hitam

Dilansir dari thespruceeat, nutrisi dari teh hitam juga sangat baik untuk rambut Anda dibandingkan dengan manfaat teh hitam untuk kesehatan. Tingginya kadar antioksidan dan kafein dalam teh hitam bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Kafein dapat menurunkan hormon yang menyebabkan kerontokan rambut, sedangkan antioksidan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Namun, kelebihan kafein dapat menghambat pertumbuhan rambut, sehingga Anda harus berhati-hati agar tidak memakai teh hitam berlebihan.

Teh hitam juga mampu membuat rambut Anda nampak hitam berkilau. Caranya, buat beberapa cangkir teh hitam menggunakan enam sendok makan atau enam kantong teh. Setelah itu dinginkan dan tuangkan ke rambut Anda. Biarkan meresap hingga 30 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat.  (Devita Nur Azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara agar Bibir Tampak Lebih Merah dengan Bahan Alami
Artikel Selanjutnya
6 Bahan yang Ampuh untuk Menghilangkan Bau Badan