Sukses

Ketahui Manfaat Mengejutkan dari Jalan Cepat Menurut Studi

Menurut studi, ternyata jalan cepat memiliki manfaat yang cukup mengejutkan, apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, salah satunya dari cara berjalan. Ada yang dapat berjalan dengan santai, namun di sisi lain ada pula yang sudah terbiasa untuk jalancepat hingga terkadang diminta mengurangi kecepatan oleh kerabat.

Melansir Bustle, Jumat, 31 Mei 2019, sebuah penelitian baru menemukan bahwa manfaat kesehatan dari berjalan cepat adalah kemungkinan untuk membuat umur lebih panjang.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings mengungkapkan orang yang berjalan dengan kecepatan tinggi, tidak peduli ukuran tubuh mereka, ada kemungkinan hidup lebih dari 20 tahun lebih lama daripada orang yang tidak.

Salah satu alasan berjalan cepat baik untuk Anda adalah dapat meningkatkan detak jantung yang membantu menurunkan tekanan darah. Apa pun yang membuat meningkatkan detak jantung Anda dihitung sebagai kardio dalam hal berolahraga.

"Walaupun ada beberapa faktor yang berkontribusi pada kekuatan temuan kami, sudah pasti bahwa meningkatkan kebugaran Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda." ungkap Tom Yates, penulis utama studi sekaligus profesor aktivitas fisik, perilaku menetap, dan kesehatan University of Leicester, kepada Newsweek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Manfaat Baik Berjalan Cepat

Selain memperpanjang hidup, berjalan memiliki deretan manfaat lain yan mencakup peningkatan aktivitas dan kesehatan otak secara keseluruhan.

The Mayo Clinic melaporkan berjalan secara teratur dapat mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga diabetes tipe 2. Berjalan cepat juga bisa memperkuat otot, tulang dan meningkatkan suasana hati, keseimbangan, dan koordinasi.

"Semakin cepat, semakin jauh, dan semakin sering Anda berjalan, semakin besar manfaatnya. Mulailah dengan tujuan sederhana seperti berjalan 10 menit selama istirahat makan siang. Atau 10 menit berjalan kaki menjadi kebiasaan dan menetapkan tujuan baru," demikian The Mayo Clinic mencatat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.