Sukses

Berapa Lama Sebenarnya Santan Bisa Ditaruh dalam Kulkas?

Liputan6.com, Jakarta - Santan adalah satu dari sekian banyak bahan masakan yang tentu sudah tak asing bagi kebanyakan orang. Masakan Indonesia sendiri cukup banyak memanfaatkan bahan satu ini untuk menambah cita rasa.

Karena bisa digunakan di tak sedikit sajian, sangat wajar bila Anda berinisiatif memeras santan lebih banyak dan menaruh sisanya di kulkas. Kendati sudah ada di lemari pendingin, bukan berarti santan tak punya batas waktu penyimpanan.

Dirangkumkan Fimela.com, santan ternyata hanya bisa bertahan tiga hari di dalam kulkas. Lepas dari waktu itu, bahan ini bisa dikatakan sebagai kategori kurang segar dan sangat mungkin memengaruhi cita rasa masakan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mempertimbangkan santan kemasan, baik yang bubuk maupun cair. Pasalnya, santan kemasan bisa bertahan lebih lama dibanding santan langsung diperas dari kelapa.

2 dari 3 halaman

Waktu Ideal Menyimpan Santan

Setelah kemasannya dibuka, santan jenis ini dikatakan bisa bertahan tiga sampai tujuh hari jika disimpan dalam lemari es. Sementara untuk makanan mengandung santan penyajiannya disarankan sehari saja.

Jika disimpan dalam kulkas dan ingin kembali dihangatkan, jangan melakukannya dengan panas di atas 100 derajat celsius. Hal ini bisa merusak warna, rasa, dan gizi dalam makanan tersebut. (Ivana Okta/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sederet Rumah Makan Padang Favorit Erick Thohir di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menikmati Hidangan Lezat di Atas Saung dengan Pemandangan Danau Buatan