Sukses

7 Makanan Khas Indonesia Terpopuler, Ada yang Jadi Favoritmu?

Kaya cita rasa dengan beragam variasi cara memasak, berikut tujuh makanan khas Indonesia yang paling banyak disukai orang.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia terkenal dengan makanan-makanan khasnya yang memiliki cita rasa yang tinggi. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya saja gudeg, makanan khas masyarakat daerah Yogyakarta.

Berikut menu makanan Indonesia yang paling terkenal dan populer, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Rendang

Makanan Indonesia paling populer yang pertama adalah rendang. Makanan khas Indonesia yang satu ini menjadi menu yang paling digemari oleh banyak orang.

Bahan utama untuk membuat rendang adalah daging sapi. Daging sapi harus diolah dengan rempah-rempah lainnya agar terasa pedas dan gurih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Nasi Goreng

Siapa yang tidak pernah mencicipi menu makanan yang satu ini? Bahkan tidak hanya populer di Indonesia, nasi goreng juga cukup populer di wilayah Asia Tenggara.

Sesuai dengan namanya, cara membuat nasi goreng adalah dengan menggoreng nasi putih yang telah diberi bumbu tambahan, seperti kecap manis, garam, merica, saus tiram, dan ditambah dengan telur dadar. Sebagai pelengkap, ada juga beberapa orang yang menambahkan acar dan kerupuk pada nasi goreng.

3 dari 7 halaman

3. Satai

Makanan khas Indonesia paling populer ketiga adalah satai. Pada mulanya, sate diperkenalkan pada Indonesia oleh para pedagang dari Arab. Di Indonesia, sate merupakan makanan tradisional yang sudah terkenal sejak lama.

Sate dimasak dengan cara menusukan lidi pada daging kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Daging yang digunakan biasanya beragam. Ada yang menggunakan daging ayam, kambing, domba, dan kelinci.

4 dari 7 halaman

4. Gado-Gado

Makanan khas Indonesia paling populer selanjutnya adalah gado-gado. Nama gado-gado berarti campur-campur.

Nama tersebut menggambarkan apa yang ada di dalam menu makanan ini. Terdiri dari sayur-sayuran, seperti kacang panjang, bayam, jagung, toge, timun, tempe, kentang, dan telur, semuanya dicampur dalam satu piring yang kemudian diberi saus kacang.

5 dari 7 halaman

5. Pempek

Makanan khas kota Palembang ini akrab dengan sebutan empek-empek. Makanan khas Palembang ini menggunakan ikan sebagai bahan baku utama. Mulai dari ikan belida, ikan kutak, ikan tenggiri hingga ikan gabus. Biasanya, pempek dimakan dengan menggunakan bumbu kuah asam pedas yang terbuat dari cuka.

6 dari 7 halaman

6. Soto

Menu makanan yang berkuah ini biasanya disajikan dengan kaldu ayam yang sudah dibumbui kunyit. Itu kenapa kuah soto identik dengan warna kuning.

Selain itu, soto juga dilengkapi dengan daging ayam atau sapi yang sudah dipotong-potong, telur rebus, nasi, dan bawang merah. Menu pendampingnya ada dua, nasi atau bihun. Ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

7 dari 7 halaman

7. Sambal Terasi

Pecinta makanan pedas pasti sudah sangat akrab dengan sambal yang satu ini. Sambal terasi bisa dijadikan pelengkap untuk berbagai jenis dan variasi makanan.

Biasanya orang makan sambal terasi bersamaan dengan makanan lain, seperti lalapan, tempe goreng, ayam goreng, dan juga ikan goreng.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.