Sukses

6 Minuman Lawas yang Pas Usir Dingin Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Hujan belakangan kerap mengguyur nusantara, termasuk ibu kota Jakarta, terutama saat sore menjelang malam. Suhu udara pun akan menjadi lebih dingin dan membuat sebagian orang menjadi malas dalam beraktivitas, termasuk Anda. 

Beberapa orang akan melakukan segala macam cara untuk menghangatkan tubuhnya, agar dapat beraktivitas kembali dengan normal. Untuk itu, Liputan6.com, Selasa (10/12/18), merangkum enam jenis minuman yang bisa membantu menghangatkan tubuh Anda saat hujan melanda.

STMJ

Dikenal dengan sebutan STMJ, merupakan singkatan dari campuran minuman yang mampu menghangatkan tubuh di sela-sela hujan. Susu, telor, madu, dan jahe, itulah kepanjangan dari STMJ. Anda bisa menemukannya di warung-warung pinggiran, bahkan kafe tempat bersantai dan kumpul-kumpul bersama teman. 

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan salah satu minuman hangat yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari air rebusan jahe yang disajikan bersama gula merah, sehingga memiliki perpaduan rasa manis.

Tak hanya itu, wedang jahe pun sering disajikan sebagai obat alami saat hidung mampet dan tenggorokan mulai terasa sakit akibat flu. Selain menggunakan jahe putih atau merah sebagai bahan utama, wedang jahe sering dikombinasikan bersama campuran lainnya seperti serai, kapulaga, atau daun pandan agar aromanya lebih wangi.

Bir Pletok

Terkenal di kalangan warga Betawi, bir pletok terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung unsur kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol sedikitpun. Selain bisa menghangatkan tubuh, bir pletok juga dipercaya sebagai obat masuk angin, flu, dan batuk. Juga, untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. 

 

2 dari 2 halaman

Dari Kopi hingga Cokelat

Kopi

Kopi telah menjadi minuman yang cocok di segala cuaca, baik panas maupun hujan. Tapi, kopi saat hujan memiliki sensasi yang berbeda. Selain dapat menghangatkan tubuh di tengah hujan, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi juga dianggap bisa mengatasi kantuk dan membuat Anda kembali bersemangat. 

Teh

Penikmat teh tentunya paham, saat cuaca panas, minum teh dingin adalah pilihan utama. Sebaliknya, saat cuaca dingin teh hangat sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. 

Cokelat

Cokelat memiliki banyak manfaat, salah satunya kandungan phenethylamine dalam cokelat yang bisa menenangkan pikiran. Diseduh dengan air mendidih, cokelat hangat pastinya menggoda. Selain itu, cokelat juga mampu mengusir kantuk karena mengandung theobromine dan kafein. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Di Musim Hujan, Jadilah Introvert agar Tak Mudah Sakit
Artikel Selanjutnya
Jangan Malas Cuci Motor Saat Musim Hujan, Ini Alasannya