Sukses

Lawan Rasa Kantuk di Kantor dengan 4 Tips Ampuh Ini

Liputan6.com, Jakarta  

Mungkin banyak dari Anda yang merasa bahwa rasa kantuk terkadang datang tidak pada saat yang tepat. Misalnya setelah lewat jam makan siang dan Anda sesungguhnya sedang menghadapi banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan. Solusinya? Banyak orang yang memilih untuk minum kopi untuk mengatasi hal tersebut.

Jika Anda bukan penggemar kopi atau sedang berusaha untuk mengurangi asupan kopi, ada beberapa alternatif lain yang bisa dipilih untuk mengatasi rasa kantuk.

Melansir halaman Business Insider pada Rabu (17/1/18), berikut ini adalah 4 cara melawan kantuk selain dengan meminum kopi.

Segarkan mata

Menatap layar komputer dalam waktu yang lama bisa membuat mata Anda jenuh dan lelah, selain juga menyebabkan kantuk. Untuk mencegah kantuk dan efek negatif lain dari tindakan menatap layar komputer terlalu lama, misalnya mata kering atau iritasi, cobalah untuk sesekali memalingkan tatapan Anda ke hal lain. Jika memungkinkan, lihatlah kondisi luar ruang. Pandangan yang jauh atau ke hal-hal yang natural bisa merelaksasi mata dan menyegarkan pikiran.

 

1 dari 4 halaman

Kudapan sehat

Buah Stroberi (iStockphoto)​

Mengudap memang bisa membuat Anda kembali merasa segar atau tidak mengantuk. Namun, hal ini malah bisa berbahaya bagi kesehatan bila Anda makan jenis snack tidak sehat, contohnya gorengan. Makanlah camilan ringan yang bukan hanya membuat Anda terbebas dari kantuk tapi juga menyehatkan, misalnya buah.

 

2 dari 4 halaman

Air putih

Berikut enam manfaat minum segelas air di pagi hari yang masih belum diketahui. (Foto: iStockphoto)

Cara lain untuk menangkal rasa kantuk adalah dengan meminum air putih. Selain menyegarkan, air putih berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun di tubuh. Air putih juga bermanfaat untuk membantu peredaran berbagai elemen penting seperti oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.

 

3 dari 4 halaman

Musik dan gerak

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Lagu-lagu tertentu bisa membuat Anda kembali bersemangat. Anda bisa mendengarkan musik tersebut dengan memakai headset sehingga tak mengganggu orang lain. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa turut menggerakkan tubuh agar lebih energik.

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Tips Berkendara Aman dan Hadapi Macet Selama Berpuasa
Artikel Selanjutnya
Kiat Bebas Stres dan Lelah Saat Kerja di Bulan Ramadan