Sukses

Head to Head Indonesia Vs Thailand, Mana yang Lebih Indah?

Liputan6.com, Jakarta Bali memang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata terbaik di dunia. Setidaknya ada banyak versi yang mengatakan hal tersebut, salah satunya situs perjalanan TripAdvisor. Namun persaingan ketat sesungguhnya terjadi untuk penetapan destinasi wisata terbaik di Asia.

“Kalau destinasi terbaik di dunia, sudah kepilih yaitu Bali , tapi itu destinasi, sekarang negara mana sebagai destinasi wisata terbaik di Asia, levelnya negara sekarang. Nah di Asia antara Thailand dan Indonesia, tahun lalu menang Thailand,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (10/8/2017).

Dalam beberapa kesempatan Menteri Pariwisata juga kerap mengatakan, untuk urusan destinasi wisata, Indonesia sudah menang telak dari Malaysia, lawan yang sesungguhnya sekarang adalah Thailand. Berikut destinasi wisata Thailand jika dibandingkan dengan wisata Indonesia, seperti yang dirangkum tim Liputan6.com, bagaimana menurut Anda?

Raja Ampat Vs Phi Phi Island



Selain memiliki panorama pemandangan alam yang menawan, bawah laut Raja Ampat juga dianggap sebagai salah satu dari 10 spot diving terbaik di seluruh dunia. Bahkan diakui sebagai yang nomor satu dengan kelengkapan flora dan faunanya. Kejernihan airnya membuat wisata bahari di tempat ini menjadi sangat menyenangkan. Head to head untuk Raja Ampat adalah Phi Phi Island. Phi phi Island merupakan gugusan pulau kecil nan indah yang berada di Phuket. Banyak atraksi wisata air yang ditawarkan, mulai dari snorkeling, kayaking, hingga menyelam. Dengan luas pulau mencapai 12,25 kilometer persegi, pulau ini menjadi andalan utama pariwisata Thailand.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 6 halaman

Buddha Tidur Mojokerjo Vs Thailand





Patung Buddha Tidur menjadi objek wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan saat berada di Thailand. Berada kompleks Candi Wat Pho, patung Buddha ini memiliki ukuran panjang mencapai 46 meter dengan tinggi hingga 15 meter. Tak hanya itu, patung di Thailand ini juga terlapisi ratusan lapis emas. Namun demikian, Patung Buddha Tidur bukan hanya monopoli Thailand, di Indonesia tepatnya di Mojokerto juga ada, namun dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu dengan panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter.

3 dari 6 halaman

Pasar Terapung Banjarmamsin vs Thailand





Pasar Terapung menjadi pemandangan unik yang menarik kunjungan wisata di kawasan Banjarmasin. Kawasan berjuluk negeri seribu sungai ini menjadi tempat para penjual menjual barang dagangannya di atas perahu. Aktivitas pasar terapung dimulai sejak subuh hingga pukul sembilan pagi. Salah satu pasar terapung di banjarmasin adalah Pasar Kuin.

Sebagai negara yang juga banyak dialiri sungai, Thailand juga punya kebudayaan pasar terapung. Setidaknya ada lima pasar terapung yang banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Khlong Lat Mayom, Damnoen Saduak, Amphawa, Bang Khu Wiang, dan Bang Nam Pheung.

4 dari 6 halaman

Candi Prambanan Vs Wat Phra Ram





Candi Prambanan merupakan candi Buddha yang dianggap sebagai biara para biksu karena terdapat banyak kamar. Masuk dalam wilayah administrasi Jawa Tengah, candi ini didukung beragam fasilitas wisata menarik, seperti rumah makan, area parkir, dan tempat belanja oleh-oleh. Tak kalah dengan Prambanan, Thailand juga punya Wat Phra Ram. Candi yang dibangun sekitar tahun 1912 oleh Raja Ramesuan ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang ramai dikunjungi di Thailand. Berlokasi di Ayutthaya, candi ini berdekatan dengan dua Wat Phra lainnya yang juga memiliki sejarah keberadaan yang panjang.

5 dari 6 halaman

Derawan VS Koh Tao





Siapa yang tidak kenal Derawan, salah satu lokasi wisata bahari paling terkenal di Indonesia yang berada di Berau, Kalimantan Timur. Derawan menjadi pilihan tepat bagi banyak orang yang menyukai pantai dan pasir pantai yang lembut serta air laut yang jernih. Menurut data, bawah laut Derawan memiliki 50 jenis hewan laut dalam satu terumbu karang. Tandingan sepadan dari Derawan adalah Koh Tao, pulau ini sejak lama menjadi pulau bagi wisatawan yang gemar aktivitas scuba diving, panjat tebing, dan mendaki gunung. Bawah laut Koh Tao menjadi habitat bagi kawanan jenis ikan marlin, snapper, dan barakuda. Tak hanya itu, kawasan wisata di Thailand ini makin berkembang dengan menjamurnya resor, bar, dan kafe baru.

6 dari 6 halaman

Pulau Dodola Vs Tarutao





Pulau yang tidak berpenghuni ini terletak di depan Daruba, Morotai Selatan. Pulau cantik ini telah lama menjadi incaran wisman mancanegara karena hamparan pasirnya yang lembut dan putih sepanjang 16 kilometer. Menjadi menarik, lantaran pulau ini juga dikelilingi oleh beragam pulau kecil yang taka kalah indahnya. Jika Indonesia ada Dodola, Thailand punya Tarutao. Pulau tak berpenghuni di Thailand ini juga punya sejarah panjang yang kelam. Namun di baik sejarahnya tersebut, sesungguhnya Tarutao punya keindahan yang menakjubkan. Lokasinya yang terpencil atau berada di selatan Laut Andaman, membuat pulau ini masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan.

Loading