Sukses

7 Minuman Terbaik untuk Tidur Malam yang Berkualitas

Ingin tidur berkualitas dalam waktu yang lama? Simak beberapa minuman yang bisa Anda konsumsi sebelum tidur di sini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki rutinitas masing-masing sebelum tidur. Beberapa orang memilih mandi air hangat, membaca buku, atau sekedar memeriksa semua media sosial yang dimiliki.

Dilansir dari purewow.com, Rabu (5/10/2016), Anda dapat mencoba beberapa jenis minuman penenang alami yang dapat membuat tidur malam semakin berkualitas. Pastikan Anda meminumnya satu jam sebelum waktu tidur.

1. Teh Chamomile

Teh Chamomile. Sumber : purewow,com

Chamomile biasanya digunakan sebagai obat tidur herbal selama berabad-abad. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa chamomile memiliki efek sedatif ringan untuk dikonsumsi.
Jika Anda baru akan mengkonsumsi teh chamomile, jangan seduh sendiri, belilah dalam bentuk kemasan di mana jumlah takaran pastinya akan membuat Anda mendapatkan manfaat maksimal.

2. Teh Valerian Root

Teh Valerian Root. Sumber : purewow.com

Tanaman Valerian biasanya digunakan untuk mengurangi gejala insomnia. Walaupun akan berfungsi maksimal ketika digunakan sendiri, namun lebih baik bila dicampur dengan bahan herbal lainnya, seperti lemon atau chamomile.

3. Jus ceri

Jus ceri. Sumber : purewow.com

Selain jus, Anda juga boleh menikmati kue tart ceri. Ceri dapat meningkatkan melatonin, sejenis hormon tidur dalam tubuh.

4. Susu

Susu. Sumber : purewow.com

Segelas susu terbukti dapat membantu Anda merasa lebih santai. Susu mengandung tryptophan dan asam amino yang dapat membuat otak melepaskan serotonin, yang dapat membuat Anda mengantuk. Selain itu, susu juga minuman sarat kalsium, di mana dapat membantu Anda mengurangi stres.

5. Susu almond

Susu almond. Sumber : purewow.com

Jika Anda tidak menyukai susu murni, campurkan almond ke dalamnya. Susu almond memiliki kalsium dan magnesium yang sangat penting untuk membuat tidur berkualitas yang lama.

6. Smoothie pisang

Smoothie pisang. Sumber : purewow.com

Setelah berolahraga, tambahkan pisang pada smoothie Anda. Smoothie pisang mengandung triptofan, magnesium, dan potasium. Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan susu almond dan satu sendok selai kacang.

7. Sesuatu dengan madu

Madu. Sumber : purewow.com

Gula alami dalam madu dapat meningkatkan kadar insulin tubuh yang dapat mendorong triptofan masuk ke dalam otak dengan lebih mudah.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.