Sukses

Ingin Tidur Nyenyak? Tiru Ritual Anak Kecil Berikut

Ternyata ritual tidur anak kecil dapat membuat Anda tertidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Tiap orang tua pasti memiliki trik untuk membuat anaknya mudah tidur nyenyak. Mulai dari menggendong, menyanyikan lagu tidur, hingga membaca cerita dongeng.

Namun, ketika berbicara tentang tidur nyenyak, banyak orang dewasa yang justru kesusahan mendapatkannya. Padahal trik yang digunakan untuk menidurkan anak kecil dapat menjadi senjata ampuh dapatkan tidur nyenyak.

Tak percaya? Simak paparan yang dilansir dari Huffingtonpost.com, Senin (26/9/2016) berikut ini.

1. Membaca buku cerita

Salah satu senjata orang tua untuk membuat anak mengantuk biasanya dengan membacakan cerita. Hal ini juga dapat dicoba oleh orang dewasa. Membaca buku adalah solusi sempurna orang dewasa untuk melupakan semua masalah dan membawa mereka ke alam mimpi. Baca buku dengan pencahayaan yang redup.

2. Beraktivitas di luar ruangan

Satu alasan anak kecil dapat tidur nyenyak di malam hari adalah, mereka aktif bermain di siang hari. Dengan bermain di luar ruangan, tubuh akan terasa sangat lelah hingga butuh istirahat ketika menyentuh tempat tidur.

Anda dapat meniru trik ini, coba olahraga pagi di luar ruangan. Cahaya matahari dapat membantu tubuh untuk menyetel jam biologis tubuh. Namun, hindari olahraga di malam hari, karena justru akan membuat Anda terasa lebih bersemangat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Sayur dan Mewarnai

3. Makan sayur

Anak kecil yang konsumsi makanan bergizi dapat tidur lebih nyenyak. Hal tersebut juga berlaku bagi orang dewasa. Makanan yang baik bagi tubuh dapat mengurangi efek samping seperti mulas yang biasa didapat dari makan tidak sehat. 

4. Mewarnai buku gambar

Hal ini memang terbukti dapat membantu seseorang cepat tidur nyenyak. Dr. Carl Bazil menjelaskan, aktivitas mewarnai adalah kegiatan yang tidak perlu memeras kerja otak. Sehingga, Anda dapat melupakan masalah sejenak dan menenangkan pikiran.

3 dari 3 halaman

Siklus Tidur Teratur

5. Pergi tidur ketika benar-benar lelah

Hal paling penting yang harus diingat dari kebiasaan anak kecil adalah, mereka pergi tidur ketika benar-benar lelah. Maka, ketika Anda mengantuk, jangan berusaha melawannya. Pergi tidur dan biarkan tubuh beristirahat.

6. Buat siklus bangun tidur yang teratur

Hal yang paling penting dari pergi teratur adalah bangun tidur juga secara teratur. Jam biologis anak kecil disetel karena mereka bangun di waktu yang sama setiap pagi, orang dewasa bisa belajar dari hal ini.

Bangun di waktu yang sama bahkan di hari libur. Hal ini yang membuat Anda akan mengantuk 18 jam kemudian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.