Sukses

Kenapa Orang Mengetuk Semangka Sebelum Membeli?

Liputan6.com, Jakarta Pembeli buah yang cermat, pasti akan memeriksa keadaan buah yang mereka ingin beli terlebih dahulu. Apalagi terdapat beberapa buah yang cepat busuk, sehingga membutuhkan kecermatan agar tidak rugi.

Namun bagaimana dengan membeli buah semangka? Apa yang harus di cek? Biasanya, orang akan refleks mengetuk-ketuk semangka untuk mengetahui kondisinya, seperti yang sering dilakukan oleh masyarakat Cina. Seperti dilansir dari Metro.co.uk, Jumat (24/6/2016), lewat media sosial Weibo, penduduk Cina sedang heboh karena beredar foto di Italia yang melanggar pembeli mengetuk buah semangka.

Supermarket di Italia tersebut menaruh papan dengan tulisan "Dilarang mengetuk semangka, karena semangka tersebut tidak akan memberi respon" di dekat keranjang semangka. Tidak diketahui apakah pemilik supermarket tersebut terganggu dengan kebiasaan pengunjung, namun dengan beredarnya gambar tersebut membuat banyak penduduk Cina yang membuat lelucon.

Para pengguna Weibo (media sosial di Cina) mengunggah foto mereka mengetuk buah semangka, dan berpura-pura menunggu jawaban. Tak lama, mengetuk semangka menjadi kata kunci yang naik tren di Cina.

Dibalik semua guyonan yang dibuat, menurut BBC, kebiasaan mengetuk semangka memang sebuah budaya yang biasa dilakukan orang Cina, tapi papan larangan tersebut bukan ditujukan terhadap orang Cina. Mengetuk semangka adalah metode umum yang dilakukan untuk mengetahui apakah sebuah semangka segar dan matang. Jika semangka tersebut mengeluarkan suara berongga, itu tandanya sudah matang. Jika suaranya penuh berarti buah semangka belum matang.

Namun sangat disayangkan, beberapa toko tidak menyukai pengunjung yang agresif mengetuk atau memukul buah-buah yang mereka jual. Mungkin mereka takut buahnya menjadi penyok dan cepat busuk.

Bagaimana mengetahui tingkat kematangan semangka?

- Semangka yang matang akan terasa berat saat diangkat

- Lihat warnanya, jika menemukan rona kuning berarti sudah matang, namun bila masih putih, berarti belum.

- Semangka matang terasa lebih keras dan kenyal ketika ditekan.

- Dan pastinya, semangka yang matang akan terdengar seperti berongga ketika diketuk.