Sukses

Festival Danau Toba 2014 Jadikan Danau Toba Wisata Dunia

Festival Danau Toba 2014 siap digelar di Toba Samosir

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki beragam kekayaan alam yang menakjubkan, yang terhampar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

 

Salah satu kekayaan alam tersebut adalah Danau Toba yang merupakan salah satu kekayaan alam menakjubkan yang ada di Pulau Sumatera.

 

Suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan memesona pegunungan hijau adalah hanya sebagian kecil saja dari imaji danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Festival Danau Toba 2014

 Maka untuk semakin mengangkat citra Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata di Sumatera Utara ditingkat nasional maupun internasional, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf), kembali menggelar Festival Danau Toba yang akan berlangsung pada 17-21 September 2014 mendatang di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

 

Terkait dengan FDT 2014, berbagai persiapan pun telah dilakukan. Mulai dari berbagai macam acara, sarana dan prasarana, juga promosi.

 

"Sejauh ini pemerintah pusat (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI terus bekerjasama dengan dinas terkait di Propinsi Sumatreta Utara untuk mempersiapkan Festival Danau Toba 2014," ucap Tazbrir, Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), saat diwawancarai Liputan6.com lewat telpon, Kamis (21/8/2014).

3 dari 4 halaman

Berbagai Pentas Budaya

 Dalam FTD 2014 wisatawan dari dalam dan luar negeri akan dihibur dengan berbagai pameran dan atraksi pentas budaya, fashion show dan pameran pariwisata kreatif.

 

Ada juga event olahraga seperti lomba perahu naga, arung jeram dan renang yang diikuti oleh peserta di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Selain itu, FDT 2014 juga menggelar kompetisi Lake's Toba World Drum Festival dan seminar pariwisata.

 

"Lomba renang akan menjadi ikonik di FDT 2014. Lomba ini nantinya akan diikuti oleh peserta ditingkat lokal, nasional, maupun internasional, tambah Tazbrir.

4 dari 4 halaman

Memajukan Ekonomi Kreatif Masyarakat

 Sedangkan untuk mendidik serta memotivasi masyarakat juga pemuda setempat akan pentingnya ekonomi kreatif masyarakat sebagai kekuatan ekonomi nasional, di FDT 2014 juga diadakan pameran produk kreatif.

 

"Pameran ekonomi kreatif juga akan ada di FDT 2014. Pameran ini diharapkan dapat mendidik masyarakat akan betapa pentingnya ekonomi kreatif yang ternyata juga menjadi kekuatan ekonomi nasional," kata Tazbrir.

 

Lebih lanjut, Tazbrir pribadi berharap dengan diselenggarakannya Festival Danau Toba 2014, daerah Sumatera Utara dan khususnya Danau Toba semakin dikenal oleh banyak pihak baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

 

"Semoga FDT 2014 bisa dihadiri oleh banyak pihak, dan nantinya semakin banyak yang mengunjungi Danau Toba, sehingga Danau Toba dapat menjadi objek wisata Internasional serta mengundang minat investor asing untuk berinventasi di Indonesia khususnya di daerah Sumatra Utara," tutup Tazbrir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.