Sukses

Startup Ini Berupaya Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Soal Isu Food Waste 

Berkolaborasi dengan Campaign dan Food Cycle, startup EdenFarm berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masalah food waste atau sampah makanan.

Liputan6.com, Jakarta Startup layanan pangan yang berfokus pada B2B, EdenFarm, berkolaborasi dengan Campaign dan Food Cycle Indonesia (FCI) mengambil langkah inovatif dalam menekan angka food waste. Isu food waste tidak dapat dipandang sebelah mata mengingat food waste memberikan dampak yang luar biasa besar baik terhadap lingkungan, sosial maupun ekonomi.

Secara global, food waste menimbulkan 4,4 giga ton emisi karbon, dan meningkatkan risiko kelangkaan air, erosi tanah, hilangnya keanekaragaman hayati dan risiko biodiversitas.

Berangkat dari isu ini, EdenFarm dan FCI mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam mengurangi food waste melalui kampanye dalam aplikasi Campaign #ForChange. Sebanyak 214 pengguna aplikasi Campaign #ForChange telah berpartisipasi dengan mengambil foto piring bekas makan yang bersih tanpa sisa, sebagai bentuk ajakan mencegah food waste.

Kampanye tersebut berhasil meng-unlock donasi senilai Rp10.000.000 dari EdenFarm guna mendukung keperluan logistik FCI dalam menyalurkan makanan kepada mereka yang membutuhkan di kawasan Jabodetabek, untuk mencegah stunting dan berkontribusi dalam ketahanan pangan.

Sebagai inisiatif lanjutan, EdenFarm dan FCI juga menggelar webinar Kuliah Kuliner: Sulap Sisa Makanan Jadi Cuan yang dihadiri oleh para pelaku usaha kuliner agar dapat mengelola sisa makanan yang ramah lingkungan bersama para ahli yang berpengalaman, Kamis (11/5/2023). 

“Saat ini EdenFarm telah memiliki pencapaian dalam menghasilkan hampir zero waste dalam proses operasional perusahaan. Para mitra EdenFarm yaitu pelaku bisnis kuliner juga turut berpartisipasi dalam usaha pencegahan food waste bersama EdenFarm dimana dalam aplikasi belanja EdenFarm, tersedia fitur pembelian produk pangan dengan kuantitas kecil yang dapat digunakan oleh para mitra untuk meminimalisir food waste tersebut,” ujar Head of Eden Process Food EdenFarm, Samuel Honesta.

Selain itu dengan dukungan teknologi melalui cold humidifier, pihaknya memastikan alur distribusi yang efektif sehingga produk pangan tetap segar saat sampai kepada tangan para pelanggan sehingga dapat menekan food loss. Terkait food loss, Samuel menyatakan juga melakukan inisiatif untuk mengolah sisa bahan produk yang berlebih untuk diolah menjadi produk olahan yang dapat dikonsumsi oleh para pelanggan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.