Sukses

2 Hal Ini Bisa Jadi Penyelamat di Hari Kiamat dan Antar Seorang Mukmin ke Surga

Terlepas dari amalan baik yang telah dilakukan selama hidup di dunia, manusia juga dianjurkan untuk menjaga 2 hal ini selama hidup agar bisa menjadi penyelamat pada hari akhir atau kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat pasti terjadi. Saat waktu itu terjadi, semua makhluk binasa, terkecuali yang dikehendaki Allah SWT.

Keyakinan terjadap datangnya hari kiamat bagi umat Islam adalah bagian dari Aqidah, lantaran menjadi salah satu rukun Islam.

Ternyata ada 2 hal yang bisa jadi penyelamat manusia saat kiamat tiba. Dua hal tersebut disebut bisa menjadi penyelamat saat manusia berada pada fase yaumul hisab.

Waktu itu, seluruh mahluk Allah SWT dikumpulkan di sebuah tanah lapang yang dikenal padang mahsyar untuk dihitung dan ditimbang amalan baik dan buruk selama hidup di dunia.

Terlepas dari amalan baik yang telah dilakukan selama hidup di dunia, manusia juga dianjurkan untuk menjaga 2 hal ini selama hidup agar bisa menjadi penyelamat pada hari akhir.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Penjelasan 2 Penyelamat saat Kiamat

Nah, penasaran apa saja 2 hal yang bisa jadi penyelamat saat hari kiamat tiba? Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Harta yang Halal dan Bermanfaat

Allah memberi kita rezeki berupa uang, kendaraan, harta, anak, dan masih banyak lainnya. Semuanya bisa membawa diri masuk ke dalam surga, juga bisa menjerumuskan ke neraka, hal itu tergantung kita. Apabila pandai menjaga dan memanfaatkan maka selamatlah.

Islam tidak melarang umatnya menjadi orang kaya, asalkan kelak nanti kita bisa menjawab 2 pertanyaan tentang harta, yaitu dari mana harta tersebut didapatkan dan bagaimana harta itu digunakan. Jika bisa menjelaskan keduanya di hadapan Allah SWT maka niscaya akan selamat dari azab.

Menurut Imam Ghazali, ada tiga dampak dari makanan yang haram. Pertama, hatinya gelap dan tidak dapat menampung hidayah Allah. Kedua, makanan dari yang haram juga akan membuat organ tubuh orang itu enggan berbuat baik. Dan ketiga, doa orang tidak dikabulkan oleh Allah.

2. Zakat

Dalam setiap harta yang kita miliki, ada sedikit yang harus dikeluarkan dan itu adalah kewajiban.

Zakat diwajibkan sebagai bentuk dan upaya agar harta yang kita miliki berkah dan bersih sehingga akan dapat menyelamatkan kita di hari kemudian.

3 dari 3 halaman

Kiamat Masih Tetap Misteri

Pada dasarnya, kapan datangnya hari kiamat masih menjadi misteri bagi seluruh manusian di dunia. Namun satu hal yang pasti adalah hari kiamat akan terjadi sesuai yang telah disebutkan dalam hadis dan ayat Al-Qur'an salah satunya QS Al-Hajj ayat ke 7.

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur" (QS. Al-Hajj: 7).

Dengan demikian, sebagai salah satu mahluk Allah SWT yang beriman, senantiasa selalu menjaga ibadah, perbuatan, harta dan zakat agar mereka dapat menjadi penyelamat kita saat hari kiamat.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.