Sukses

Ambil Miqat di Bir Ali, 1.899 Jemaah Haji Indonesia Hari Ini Mulai Masuk Makkah

Lima kloter yang akan masuk ke Mekkah hati ini adalah, Kloter 1 dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) sebanyak 393 jemaah, Kloter 1 embarkasi Solo (SOC-01) sebanyak 360 jemaah, kloter 1 embarkasi Makassar (UPG-01) sebanyak 393 jemaah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.899 jemaah haji Indonesia dari lima kelompok terbang (kloter) awal akan diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah pada hari ini, Kamis (1/6/2023).

Mereka terlebih dulu akan singgah di Masjid Dhulhulaifah atau Bir Ali untuk mengambil miqat makani (batas tempat dimulainya ibadah umrah dan haji).

Lima kloter yang akan masuk ke Mekkah hati ini adalah, Kloter 1 dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) sebanyak 393 jemaah, Kloter 1 embarkasi Solo (SOC-01) sebanyak 360 jemaah, kloter 1 embarkasi Makassar (UPG-01) sebanyak 393 jemaah.

Kemudian lloter 1 embarkasi Aceh (BTJ-01) sebanyak 393 jemaah, dan Kloter 1 embarkasi Medan (KNO-01) sebanyak 370 jemaah.

"Alhamdulillah, untuk persiapan keberangkatan jemaah haji dari Madinah ke Mekkah sudah siap.  Seluruh petugas di Bir Ali atau Dzulhulaiffah telah standby menerima jemaah dari Madinah," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah PPIH Arab Saudi, Zaenal Muttaqin, Kamis (1/6/2023).

Zaenal menjelaskan, pemberangkatan jemaah haji ke Bir Ali dibagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dilakukan pada pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak tiga kloter. Sedangkan, dua kloter sisanya diberangkatkan pada gelombang kedua pukul 16.00 WAS.

"Untuk menyambut jemaah haji, kami akan menempatkan sejumlah petugas di sejumlah titik di Bir Ali untuk memantau pergerakan jemaah haji. Ada 5 pos yang akan disiapkan di Bir Ali mulai dari pos masuk hingga pos pemberangkatan bus menuju Mekkah," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingatkan Jemaah Jangan Lupa Posisi Parkir Bus

Tak kalah penting, para petugas di Bir Ali akan mengingatkan jemaah untuk melakukan ihram atau melaksanakan niat umrahnya. "Jadi mengingatkan mereka jangan sampai ada larangan-larangan ihram yang masih dipakai jemaah," paparnya. 

Termasuk mengingatkan dan mengarahkan jemaah dan ketua rombongan agar mengetahui posisi parkir bus dan di mana pintu masuk ke Bir Ali untuk jemaah laki-laki dan perempuan.

"Mengingatkan jemaah di mana pintu masuk tempat berwudhu yakni, pintu 1-5 untuk jemaah laki-laki dan pintu 6-7 untuk jemaah perempuan," paparnya.

Mengingat waktu di Bir Ali dibatasi hanya selama 30 menit, jemaah haji pun diimbau sudah mandi dan mengenakan kain ihram sejak di hotel Madinah.

"Kami mengimbau jemaah sudah pakai kain ihram, mandinya jangan di Bir Ali, tapi di hotel masing-masing. Kemudian memakai kain ihram sesuai ketentuan. Enggak usah lagi pakai pakaian berjahit bagi laki-laki. Bagi wanita kenakan seperti pakaian ihram dan sudah berwudhu agar menghemat waktu," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.