Sukses

Keutamaan Berpuasa, Tarawih dan Doa di Hari ke-15 Ramadhan

Tepat pada pertengahan bulan Ramadhan ini terdapat kesitimewaan bagi umat muslim yang menjalanlan puasa dan tarawih pada malam harinya.

Liputan6.com, Jakarta Puasa Ramadhan memiliki kesitimewaan tersendiri dari jenis puasa lainnya. Pada momen puasa Ramadhan, Allah menjanjikan besarnya pahala dan ampunan yang luas bagi hambanya.

Berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Perintah untuk menjalankan ibadah puasa sendiri telah tertera dalam ayat Al-Qur'an dan Hadits Nabi SAW berikut ini

وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah :185)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ.

Yang artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (Berpuasa) agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

Berikut Hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang puasa Ramadan,

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari,” (HR Bukhari).

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari ke 15

Tak terasa bulan Ramadhan 1444 H telah sampai pada hari ke-15. Tepat pada pertengahan bulan Ramadhan ini terdapat kesitimewaan bagi umat muslim yang menjalanlan puasa dan tarawih pada malam harinya.

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. Termasuk pada hari ke-15. Berikut keutamaan berpuasa dan tarawih pada hari ke-15 Ramadhan.

Keutamaan hari ke-15 puasa ramadhan, "Allah Azza wa Jalla menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian, dan pada hari kiamat Allah Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian"

Selain berpuasa, terdapat sejumlah ibadah sunah lain yang dianjurkan dilakukan saat bulan Ramadhan, seperti Shalat Tarawih, infaq dan sedekah.

Diantara ibadah sunnah tersebut juga, ada juga yang memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu contoh ibadah sunah yang memiliki fadhilah setiap harinya adalah Shalat Tarawih

3 dari 3 halaman

Keuntungan Tarawih Hari ke 15

Keutamaan Tarawih Malam ke-15 antara lain ialah,

"Ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi"

Selain keuatamaan Puasa dan Tarawih, terdapat juga Doa yang dapat dipanjatkan pada hari ke-15 Ramadhan. Berikut doanya,

"Ya Allah, mohon anughrahkan kepadaku di bulan ini dengan ketaatan orang - orang yang khusyu' serta lapangkanlah dadaku, dan dengan taubat orang-orang yang rendah diri, dengan kekuatan-Mu, wahai tempat berlindung orang-orang yang ketakutan,"

Setelah mengetahui Keutamaan Berpuasa, shalat Tarawih, dan Doa di Hari ke-15. Tentunya kita harus membaca niat berpuasa pada saat sahur nanti. Berikut niat menjalankan ibadah puasa Ramadhan,

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Nah, itu dia Keutamaan Berpuasa, Shalat Tarawih, dan Doa yang bisa dipanjatkan pada hari ke-15 bulan Ramadhan beserta niat berpuasa.

Penulis: Fatiyah Nurjanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.