Sukses

Bukan Pakai Banyak Cabai, Ini Cara Bikin Sambal Goreng Kentang Merah Cantik

Ternyata bikin sambal goreng kentang yang lezat tidak perlu banyak cabai. Ini cara masaknya

Liputan6.com, Jakarta Dari berbagai jenis olahan kentang, sambal goreng kentang tampaknya merupakan yang paling sering dijadikan menu sarapan dengan nasi hangat.

Hidangan yang sering kali disajikan dengan ati ampela dan petai ini ternyata sangat mudah untuk dibuat, yakni tinggal digoreng dan dicampur sambal.

Hanya saja, beberapa orang tidak bisa menghasilkan rasa dan tekstur sambal goreng kentang yang maksimal.

Namun tenang saja, karena pemilik akun YouTube/Bersama Stfyani memiliki cara agar sambal goreng kentang nikmat dan menarik dari segi visual.

Tanpa menggunakan banyak cabai, ia membagikan cara yang sangat efektif yang dirangkum pada Sabtu (11/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Goreng Kentang

Cuci bersih kentang sekitar tujuh ratus gram lalu kupas dan potong kotak-kotak. Panaskan minyak sedikit saja dengan api sedang lalu goreng kentang sampai kering. Jika ingin menambahkan bahan lain seperti ati ayam bisa langsung digoreng juga pada tahap ini.

3 dari 11 halaman

Haluskan Cabai dan Bumbu

Siapkan seratus gram cabai merah dan enam cabai besar untuk direbus sampai matang agar sambal goreng bisa merah merekah.

Setelah itu, haluskan cabai merah tadi bersama delapan siung bawang merah dan tiga siung bawang putih dengan chopper.

4 dari 11 halaman

Tumis Bumbu

Setelah dihaluskan dengan chopper, tumis bumbu tadi pada wajan dengan api sedang. Agar jadi lebih nikmat dan harum, aduk-aduk tumisan bumbu dengan tambahan beberapa bahan berikut:

●     3 lembar daun salam dan daun jeruk.

●     2 batang serai.

●     65 ml santan.

●     ½ sdm garam dan kaldu bubuk.

●     Air secukupnya.

5 dari 11 halaman

Masukkan Kentang dan Ati

Setelah tumisan diaduk-aduk sampai merata, masukkan kentang dan ati yang sudah direbus tadi ke dalam tumisan tersebut.

Terus aduk-aduk sambal goreng sampai airnya habis, yang memang memakan waktu cukup lama. Jika air pada sambal goreng sudah habis, matikan kompor lalu angkat dan sajikan sambal goreng kentang selagi hangat.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Sambal Goreng Kentang

7 dari 11 halaman

Apa Boleh Makan Nasi dengan Sambal Goreng Kentang

Penggunaan nasi dan kentang dalam makanan secara rutin sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Ancaman terhadap kesehatan ini timbul akibat fluktuasi gula darah yang sering, yang dapat mengganggu proses metabolisme gula dalam tubuh.

8 dari 11 halaman

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Sambal Goreng Kentang

Disarankan bagi yang menderita diabetes untuk mengurangi konsumsi kentang goreng, sambal goreng kentang dan hidangan kentang lain yang berlemak tinggi.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengetahui Sambal Goreng Sudah Matang atau Belum?

Saat dimasak, aroma yang semakin wangi mulai tercium, dan aroma asli dari cabai mentah sudah tak lagi tercium. Ini menandakan bahwa sambal goreng  telah matang.

10 dari 11 halaman

Apakah Kentang Baik untuk Penderita Asam Lambung?

Sayuran kentang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah asam lambung karena mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu pencernaan dan menyediakan energi yang dibutuhkan. Selain itu, kentang juga mengandung serat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

11 dari 11 halaman

Kentang Pengganti Apa?

Sebagai pengganti nasi, kentang sering menjadi pilihan utama. Meskipun keduanya mengandung karbohidrat, nutrisi yang dimiliki kentang lebih banyak dan penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.