Sukses

Angka Kecelakaan dan Korban Jiwa di Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Turun

Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 juga mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat adanya penurunan dalam data kecelakaan selama masa arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Untuk kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik ada penurunan angkanya sekitar 13 persen, dari 3.412, di tahun 2024 saat ini turun menjadi 2.985," ujar kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di Pos Tol Jasamarga KM 70, Selasa 16 April 2024.

Selain itu, katanya lagi, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 juga mengalami penurunan. "Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan turun 17 persen. Dari 519 kasus, pada tahun 2024 menjadi 429," tambah Aan.

Namun, meskipun demikian, jumlah korban luka berat akibat kecelakaan di masa arus mudik dan balik mengalami peningkatan sebesar 25 persen. Sementara itu, korban luka ringan mengalami penurunan.

"Jumlah korban luka berat mengalami peningkatan sebesar 25 persen, dari 427 kasus menjadi 533. Sedangkan korban luka ringan mengalami penurunan dari 4.745 kasus menjadi 3.983 kasus," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Aan menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan operasi arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kami dari kepolisian dan seluruh pihak yang terlibat menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas segala kekurangan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan arus mudik dan balik tahun 2024 ini. Kami menyadari bahwa masih banyak kepentingan masyarakat yang belum terakomodir sepenuhnya. Semua upaya yang kami lakukan bersama jajarannya bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat," tutup Aan.    

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semua Pihak Telah Bekerja Keras

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkap semua petugas gabungan, baik dari TNI, Polri, Pemerintah telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan dan pengamanan selama arus balik lebaran yang akan mencapai puncaknya, hari ini.

Menurut dia, kerja keras saat arus balik lebaran itu dibuktikan saat dirinya melihat semua pihak bekerja siang malam sampai kurang tidur demi memantau pergerakan arus lalu lintas dari para pemudik yang kembali dari kampung halaman.

"Tadi malam saya melihat bahwa apa yang dilakukan luar biasa. Tapi untuk diketahui rekan-rekan, teman-teman di lapangan ini semuanya tidak tidur," kata Budi saat jumpa pers di GT Cikampek Utama, Senin (15/4/2024).

Dia pun berharap dengan kerja keras dari petugas menyiapkan kelancaran arus balik, turut diikuti oleh sikap dari para pemudik yang mematuhi setiap imbauan petugas.

"Jadi saya luar biasa terharu, oleh karenanya masyarakat harus mensupport, dengan mengantisipasi masing-masing kondisi," tutur Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.