Sukses

Cara Bikin Gulai Ayam Nikmat dengan Kuah Merah Segar

Siapa sangka, ternyata gulai ayam dengan kuah yang merah pekat sangat mudah untuk dibuat. Ini cara bikinnya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang, gulai bisa dikatakan nikmat jika memiliki kuah yang kaya rempah dan berwarna merah pekat.

Beberapa jenis olahan gulai yang digemari banyak orang adalah gulai kikil, gulai usus, atau gulai kakap.

Meski demikian, gulai ayam sebenarnya juga tidak kalah nikmat. Bahkan cara bikinnya pun juga lebih mudah dengan kuah yang lebih pekat dan meresap.

Salah seorang pemilik kanal YouTube resep simbok memiliki trik khusus yang cukup mudah agar gulai ayam jadi nikmat.

Kira-kira, bahan apa saja yang ia pakai? Simak jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Sabtu (11/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Haluskan Bumbu

Agar kuah gulai jadi semakin gurih, bumbu yang diperlukan di sini cukup banyak seperti:

●     8 cabai merah.

●     8 bawang merah dan 2 bawang putih.

●     2 kemiri, ½ sdt merica dan ¾ sdt ketumbar.

●     ½ ruas jahe dan kunyit.

Haluskan semua bumbu tersebut menggunakan chopper dengan menambahkan sedikit air terlebih dahulu agar tidak kesat.

3 dari 11 halaman

Tumis Bumbu Sampai Harum

Panaskan sedikit minyak pada wajan, setelah itu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan chopper tadi.

Agar bumbu semakin harum, tambahkan daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk secukupnya. Terus tumis bumbu sampai tercium aroma harum.

4 dari 11 halaman

Masukkan Ayam

Masukkan potongan-potongan ayam pada wajan, lalu aduk sampai tercampur rata dengan bumbu halus.

Setelah tercampur rata dengan bumbu, tambahkan 800 ml santan dan 1 sdt garam agar gulai semakin gurih dan kental. Aduk sedikit agar santan tidak pecah lalu tunggu hingga gulai ayam matang dan tanak.

5 dari 11 halaman

Gulai Ayam Siap Disantap

Cicip sedikit kuah gulai untuk memeriksa apakah sudah matang atau belum. Jika rasanya sudah pas, maka kompor bisa dimatikan dan gulai ayam yang lezat siap untuk disajikan dengan lontong atau ketupat

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Gulai

7 dari 11 halaman

Apakah Gulai Ayam Sehat?

Lezatnya gulai ayam terkadang menipu, karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Maka, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang terukur. Dalam setiap 100 gramnya, terdapat sekitar 168 kalori dan 12,4 gram lemak. Sedangkan, satu potong ayamnya bisa berkontribusi hingga 202 kalori dengan 14,8 gram lemak.

8 dari 11 halaman

Apa Beda Kari Ayam dengan Gulai Ayam?

Konsistensi kari lebih padat dibandingkan dengan gulai. Kari memiliki cita rasa yang agak manis dengan sedikit sentuhan gurih, sementara gulai cenderung lebih pedas dan gurih, serta memiliki tekstur yang lebih ringan daripada kari.

9 dari 11 halaman

Bolehkah Gulai Dipanaskan?

Menghangatkan makanan bersantan seperti gulai atau tongseng lebih dari satu kali tidak disarankan. Tindakan ini dapat mengakibatkan perubahan lemak menjadi lemak jenuh, yang berpotensi meningkatkan risiko masalah kardiovaskular.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Gulai Santan Bertahan?

Makanan yang mengandung santan hanya bisa disimpan selama kurang dari 3 jam pada suhu kamar. Di sisi lain, masakan yang mengandung santan dapat disimpan selama maksimal 4 hari di dalam kulkas dan 1 minggu jika diletakkan di dalam freezer.

11 dari 11 halaman

Apakah Gulai Bisa Disimpan di Kulkas?

Mengenai penyimpanan makanan yang mengandung santan, penting untuk menunggu hingga mencapai suhu dingin atau suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer. Hal ini juga berlaku untuk hidangan seperti gulai atau tongseng kambing. Makanan yang mengandung santan dapat bertahan selama 2-3 hari di dalam kulkas, sementara di dalam freezer dapat bertahan lebih dari 3 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini