Sukses

Tak Disangka, 8 Aktor Drakor Ini Memulai Karier Sebagai Model

Sebelum merintis karier sebagai pemain drakor, ternyata mereka sempat menjadi seorang model, lho. Ada siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pencinta drama Korea (drakor) sudah tidak diragukan lagi dengan deretan para pemain dan karakter utama yang cantik serta tampan. Maka tidak heran jika selain terpincut dengan jalan ceritanya, beberapa dari kita mungkin ada yang tertarik menontonnya karena pesona pemainnya. Benar tidak?

Namun siapa sangka, jika beberapa aktor dan aktris drakor yang kita kenal rupanya memulai karier mereka terlebih dahulu sebagai seorang model, lho. Kemudian, mereka akhirnya mencoba terjun ke dunia akting dan melambungkan nama mereka menjadi terkenal seperti sekarang.

Nah, ada siapa saja, ya? Dilansir dari Tatler Asia, Senin (3/6/2024), ini dia daftar bintang Korea populer yang memulai dari dunia runway hingga terjun ke dunia drama Korea:

1. Kim Woo Bin

Kim Woo Bin yang memiliki nama asli Kim Hyun-joong memulai debutnya sebagai model runway pada tahun 2009 saat usia 20 tahun dan mulai tampil dalam koleksi prêt-à-porter dan Seoul Fashion Week.

Seiring kemajuan karier modelingnya, dia lalu mulai membuat film komersial dan mulai belajar akting, di bawah bimbingan pelatih akting Moon Won-joo. Dia akhirnya jatuh cinta dengan akting.

Pada tahun 2012, Kim membintangi drama remaja School 2013, yang membuatnya mendapatkan penghargaan akting pertamanya di APAN Star Awards ke-2 dalam kategori Aktor Pendatang Baru Terbaik.

Setahun kemudian, dia menjadi bintang The Heirs (juga dikenal sebagai The Inheritors), yang dibintangi bersama Lee Min-ho dan Park Shin-hye.

Kemudian yang tidak disangka, Kim mengalami lonjakan popularitas baik di dalam negeri maupun internasional, memberinya peningkatan kontrak iklan dan tawaran akting, seperti Uncontrollably Fond dengan Bae Suzy di tahun 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Lee Sung-kyung

Selanjutnya ada Lee Sung-kyung. Berperan apik dan menawan dalam Weightlifting Fairy Kim Bok-joo dan memiliki chemistry yang kuat dengan Nam Joo-hyuk, siapa sangka dulunya dia adalah seorang model.

Wanita dengan tinggi 175 cm ini memulai kariernya sebagai model pada tahun 2008, dengan mengikuti Super Model Contest ke-17. Dia menjadi model dalam Seoul Fashion Week sebelum mengejar hasratnya dan melakukan debut aktingnya dengan peran pendukung di It’s Okay, That’s Love pada tahun 2014.

Sejak itu, dia membintangi Cheese in the Trap, The Doctors, Dr. Romantic, dan tentu saja, Weightlifting Fairy Kim Bok-joo yang sukses besar pada tahun 2016. 

3. Jang Ki-yong

Pemeran utama dalam My Roommate is a Gumiho, Now, We Are Breaking Up, serta film Netflix, Sweet & Sour memiliki tinggi 187 cm, dan merupakan model fesyen pemenang penghargaan sebelum menggemparkan dunia K-drama.

Dia memulai karier modelingnya pada tahun 2012 dan memenangkan Fashion Model Award di Asian Model Awards 2014, dan telah menjadi model bagi label desainer papan atas. 

3 dari 4 halaman

4. Lee Soo Hyuk

Lee Soo-hyuk dengan nama asli Lee Hyuk-soom memulai debutnya sebagai model dalam peragaan busana Lone Costume karya desainer Jung Wook-jun pada tahun 2006.

Dia berjalan di runway untuk merek fesyen terkenal nasional termasuk General Idea dan Songzio, dan melakukan pemotretan sampul untuk beberapa majalah fesyen ternama.

Setelah tampil di video musik girl grup Gavy NJ dan 2NE1 pada tahun 2009 dan 2010, ia memperluas kariernya ke dunia akting. Pada tahun 2015, Lee berperan dalam periode romansa vampir The Scholar Who Walks the Night, berdasarkan webtoon dengan judul yang sama.

Perannya sebagai Gwi, seorang vampir haus darah dan jahat yang ingin menguasai manusia, mengantonginya Aktor Pendatang Baru Terbaik di MBC Drama Awards 2015.

6. Bae Doona

Sebelum memulai karier aktingnya yang cemerlang, Bae Doona dibina sebagai model pada tahun 1998 saat kuliah di Universitas Hanyang di Seoul dan dia mulai melakukan pekerjaan katalog untuk Cooldog sebelum mengambil layar kecil.

Penampilannya yang luar biasa terjadi pada tahun 2006 ketika ia membintangi film monster dari sutradara Parasite, Bong Joon-ho, The Host, yang menjadi film terlaris dalam sejarah box office Korea Selatan pada saat itu.

4 dari 4 halaman

7. Nam Joo-hyuk

Bintang drakor yang namanya sempat naik daun lewat Start-Up, Nam Do-san. Namun, dia juga pernah memerankan sebagai guru bahasa Mandarin, Hong In-Pyo, dari The School Nurse Files, dan Baek-ah atau Pangeran Wang Wook ke-13 yang nakal di Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

Nam Joo-hyuk semakin menarik perhatian sejak ia memikat penonton dalam perannya yang luar biasa dalam Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo.

Sebelum terjun ke layar kaca, pria asal Busan ini mulai tampil di dunia peragaan busana pada usia 19 tahun setelah memenangkan Top Model, sebuah kontes model yang disponsori oleh K-Plus, saluran televisi berbayar Asia Tenggara. 

8. Shin Min-a

Shin Min-a menghiasi layar kita sebagai Yoon Hye-Jin, dokter gigi berlesung pipi dari Seoul yang pindah ke kota kecil di tepi pantai dan bertemu dengan sesama kepala desa berlesung pipi, Hong Du-sik (Kim Seon-ho) di Hometown Cha-Cha-Cha.

Sebelum debut aktingnya pada tahun 2001 melodrama Beautiful Days, Shin adalah salah satu model yang paling laris di Korea Selatan. Dia pernah tampil dalam berbagai campaign brand dan muncul dalam musik video untuk boyband KPop populer. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.