Sukses

5 Aplikasi dan Game Pilihan Saat Ramadhan untuk Pengguna Android dan iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Momen Ramadhan menjadi waktu yang dinanti-nanti oleh umat muslim untuk memaksimalkan ibadahnya. Kendati demikian, ibadah puasa Ramadhan dari pagi hingga waktu berbuka kerap diwarnai dengan kebosanan dan rasa kantuk jika tidak diatur jadwalnya dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan umat muslim untuk menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit tanpa harus dihabiskan dengan tidur adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi digital di smartphone masing-masing.

Aplikasi digital ini tersedia dalam berbagai jenis dan fungsinya. Ada aplikasi untuk memantau jadwal sholat dan imsyakiah, ada aplikasi untuk membantu kebugaran tubuh selama Ramadan, sampai ke aplikasi berisi menu-menu sahur dan berbuka puasa.

Aplikasi-aplikasinya pun bermacam-macam namanya di Android maupun di iPhone. Apa saja? Berikut Tekno Liputan6.com rinci aplikasi Ramadan di Android, iOS, hingga game di kedua platform tersebut.

Aplikasi Ramadhan di Android:

  1. Muslim Pro: Aplikasi ini akan meningkatkan pengalaman pemahaman pengguna terkait Ramadan dengan informasi yang lengkap, mulai dari waktu shalat, Al-Quran digital, arah kiblat, serta jadwal-jadwal di bulan suci.
  2. Ramadan Legacy: Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna memanfaatkan Ramadan dengan sebaik-baiknya dan menjaga kegiatan pengguna selama bulan Ramadan tetap terorganisir dengan perencanaan yang interaktif. 
  3. MyFitnessPal: Pertahankan asupan nutrisi pengguna selama Ramadhan dengan aplikasi yang membantu melacak makanan, kalori, dan olahraga harian, memastikan pengguna tetap sehat sepanjang bulan suci.
  4. Qara’a - Learn Quran: Qara’a - Learn Quran merupakan aplikasi belajar dan mengajar Al-Quran yang menawarkan pengalaman interaktif dan menyenangkan dengan teknologi kecerdasan buatan. Terdapat pula modul pembelajaran yang dilengkapi animasi dan gambar yang memperagakan cara melafalkan huruf Arab dengan benar.
  5. ShareTheMeal: Charity Donate: Pengguna dapat berpartisipasi memberikan amal untuk donasi dalam United Nations World Food Programme bersama aplikasi ini. ShareTheMeal memungkinkan pengguna memberikan makanan kepada orang-orang di seluruh dunia dengan hanya beberapa klik di ponsel pengguna, serta melihat persis ke mana donasi pengguna diberikan.
2 dari 3 halaman

Aplikasi Ramadhan di iOS

Bagi pengguna iOS, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi App Store yang cocok untuk dicoba selama Ramadhan.

Aplikasi iOS untuk Ramadhan:

  1. Wajeez: Aplikasi ini berisi buku-buku bahasa inggris populer yang diringkas ke dalam bahasa Arab sehingga cocok untuk memperluas wawasan sastra pengguna.
  2. Abjjad: Pada aplikasi ini, pengguna dapat menyelami perpustakaan e-book yang luas. Perpustakaan ini berisi banyak judul internasional dan Arab, novel populer dan laris, buku anak-anak, serta beragam karya non-fiksi. 
  3. Yalla Ludo – Ludo & Domino: Aplikasi permainan Ludo dan Domino ini dapat dimainkan bersama teman online melalui obrolan. Tentunya, permainan macam ini cocok untuk menjaga keakraban dengan kerabat atau keluarga yang mungkin tidak dapat bertemu langsung. 
  4. Kammelna and Jawaker: Aplikasi ini menawarkan permainan kartu khas Arab yang menarik, seperti Baloot dan Tarneeb, serta dapat dimainkan bersama teman dan keluarga.
3 dari 3 halaman

Rekomendasi Game untuk Dimainkan Saat Ramadhan

Rekomendasi Game untuk Ramadhan:

  1. EA Sports PGA Tour: Permainan ini adalah simulasi golf pertama dari EA Sports sejak 2015 yang memberikan pengalaman kepada pemain layaknya profesional di kehidupan nyata. 
  2. Resident Evil 4Remake dari salah satu game horor paling dicintai dalam sejarah, kini permainan tersebut diperbarui dengan grafis dan mekanisme permainan yang lebih baik.
  3. Meet Your Maker: Aplikasi game ini akan akan mengasah cara pemain merancang mekanisme pembangunan yang rumit untuk melindungi kawasan pemain agar tidak dirampok pemain lain.
  4. Candy Crush Saga: Permainan puzzle sederhana yang sangat populer mengasah strategi pemain dalam mencocokkan tiga permen untuk meledakkan gula. Dengan banyaknya level yang semakin menantang, pemain dapat menghabiskan waktu istirahat dengan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.