Sukses

5 Cara Diet Sehat ala Rasulullah SAW yang Patut Dicontoh, Atur Pola Makan hingga Olahraga

Saat ini tren diet sehat tengah ramai digandrungi oleh kaum milenial. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari program diet yang dijalankan. Namun ternyata, jauh sebelumnya Rasulullah sudah memberikan pengetahuan terkait kesehatan khususnya diet.

Liputan6.com, Bogor - Saat ini tren diet sehat tengah ramai digandrungi oleh kaum milenial. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari program diet yang dijalankan. Ternyata, jauh sebelumnya Rasulullah SAW sudah memberikan pengetahuan terkait kesehatan khususnya diet. 

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa kunci hidup sehat adalah dengan mengatur batas konsumsi makanan yaitu perut diisi dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga nafas.

Lalu, bagaimana cara diet sehat ala Rasulullah SAW? Berikut 5 di antaranya mengutip dari berbagai sumber. 

1. Mengonsumsi Air Madu di Pagi Hari

Rasa manis pada madu dapat menjadi pengganti  gula tebu yang apabila dikonsumsi terus menerus dapat meningkatkan potensi diabetes. Oleh sebab itu, mengonsumsi madu secara teratur dapat lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2.Mengatur Porsi Makan

Rasulullah SAW tidak menyukai cara makan yang berlebihan karena dapat berakibat buruk pada  sistem pencernaan seperti dapat menyebabkan perut begah, mual, muntah, dan obesitas. Maka sebaiknya  berhenti makan sebelum merasa kenyang agar terhindar dari rasa kekenyangan berlebih sehingga tubuh menjadi sulit bergerak.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Berikutnya

3.Mengonsumsi Sayur dan Buah

Rasulullah SAW rutin mengonsumsi sayur dan buah sebagai makanan sehari-hari.Sayur dan buah bermanfaat bagi tubuh di antaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kaya akan serat, baik untuk pencernaan, serta dapat mempercantik tampilan kulit. 

4. Berpuasa 

Bagi seseorang yang menjalankan diet, sistem pencernaan akan beristirahat mencerna makanan yang masuk ke dalam perut.Tubuh akan memproses makanan dan racun dengan lebih baik, sehingga tubuh jauh akan lebih terasa sehat.Dengan berpuasa juga melatih untuk dapat menahan diri, salah satunya dengan tidak makan secara berlebihan yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh.

5. Berolahraga 

Rasulullah SAW menjalankan berbagai macam olahraga  untuk menjaga kondisi kesehatannya di antaranya seperti lari, jalan cepat, berenang, memanah, dan berkuda.

Penulis: Putry Damayanty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.