Sukses

Itaewon, Kawasan Muslim Korea Selatan yang Jadi Lokasi Tragedi Halloween

Malam mencekam di Itaewon, Seoul, Korea Selatan terjadi saat pesta Halloween pada Sabtu (29/10/2022). Insiden ini sedikitnya mengakibatkan 153 orang meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Malam mencekam di Itaewon, Seoul, Korea Selatan terjadi saat pesta Halloween pada Sabtu (29/10/2022). Insiden ini sedikitnya mengakibatkan 153 orang meninggal dunia.

Dugaan sementara penyebab ratusan nyawa melayang itu karena lonjakan kerumunan di perayaan Halloween, sehingga banyak pengunjung yang terinjak-injak dan sesak napas karena padatnya orang.

Itaewon yang menjadi lokasi tragedi Halloween memang termasuk kawasan populer di Seoul, Korea Selatan. Kawasan ini sangat ramah bagi turis asing yang berkunjung ke Negeri Gingseng. Ada restoran masakan internasional, toko, bar, hingga klub untuk melayani warga asing.

Selain itu, Itaewon dikenal sebagai Muslim Town atau kawasan muslim di Korea Selatan. Mengutip islamawareness.net, kebanyakan penduduk beragama Islam di Korea Selatan berasal dari negara-negara Tenggara dan Asia Tengah. Sedikit penduduk muslim di Negeri Gingseng yang berasal dari Asia Barat.

Di kawasan Itaewon terdapat sejumlah toko makanan halal yang siap dinikmati oleh turis muslim dari berbagai negara. Jangan khawatir bila berkunjung ke kawasan ini, sebab Itaewon termasuk kawasan yang ramah bagi orang muslim. 

Sepanjang kawasan Itaewon, wanita-wanita berhijab akan mudah ditemukan. Hal ini membuat Itaewon menjadi kawasan yang bernuansa islami.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seoul Central Mosque

Masih di kawasan Itaewon, terdapat masjid besar bernama Seoul Central Mosque atau Masjid Pusat Seoul. Masjid ini menjadi tempat ibadah bagi umat Islam di Korea Selatan. 

Masjid Pusat Seoul didirikan pada 1976. Ini menjadikan Masjid Pusat Seoul sebagai masjid tertua di Korea Selatan.

Namun, Masjid Pusat Seoul bukan satu-satunya masjid di Negeri Ginseng. Sebab, masih ada masjid lain seperti Masjid Busan, Anyang, Kaesong, dan lain sebagainya.

Tempat ibadah bagi umat Islam ini dibangun tiga lantai. Lantai pertama menjadi tempat administrasi, ada juga kantor Federasi Muslim Korea dan ruang pertemuan. Lantai kedua tempat salat laki-laki dan lantai tiga tempat salat perempuan.

Ketika berkesempatan ke masjid ini, jangan lupa mencicipi kuliner halal yang berada di sekitar Masjid Pusat Seoul. Hidangan Timur Tengah di kawasan masjid siap untuk disantap oleh para turis muslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.