Sukses

Sambut Mudik Lebaran, Menhub Minta Sopir Bus hingga Pilot Wajib Cek Kesehatan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan mengawal ketat pelaksanaan mudik lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan mengawal ketat pelaksanaan mudik lebaran 2022. Hal ini lantaran, diprediksi akan ada 79 juta masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman.

Salah satu yang menjadi perhatian Menhub adalah memastikan kesehatan para petugas transportasi, mulai dari sopir bus, crew pesawat, kereta api, kapal laut dan transportasi lainnya.

Oleh karenanya, Menhub Budi Karya juga meminta seluruh pegawai yang ada di bandara, stasiun, maupun terminal untuk rutin dilakukan pengecekan kesehatan.

"Kita terus mewajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi transportasi pilot, nakhoda, masinis, sopir bus, dan di semua pemberhentian tranportasi di bandara terminal, stasiun, dan sebagainya," tuturnya, Jumat (1/4/2022).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan Armada

Selain itu, Menhub juga telah menginstruksikan pengecekan kepada seluruh moda transportasi umum yang kerap digunakan untuk kegiatan mudik Lebaran.

"Beberapa hal yang kami akan kami antisipasi, tentu tersedia kualitas dan kapasitas dari transportasi di semua moda transportasi," ujar Menhub.

Dia juga telah meminta Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Perhubungan Laut, Perhubungan Udara, hingga Perkeretaapian untuk melakukan uji kelayakan operasional (ramp check) pada semua moda transportasi.

"Saya minta pada Dirjen untuk melakukan ramp check, untuk bus, kapal, pesawat, kereta harus dilakukan ramp check," tegas Menhub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.