Sukses

MenPAN-RB Didaulat Menjadi Dewan Kehormatan Forum Alumni Pengurus Haji

Menurut Syafruddin, jemaah haji asal Indonesia dikenal sebagai jemaah yang tertib saat menjalankan ibadah haji dan umrah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin didaulat menjadi Majelis Dewan Kehormatan saat bertemu dengan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Alumni Pengurus Haji Indonesia (FKAPHI). Pemberian amanah itu, mendapat respons positif dari Syafruddin.

"Saya bersedia menjadi bagian dari FKAPHI. Ini merupakan amanah dan bagian dari perjuangan saya dalam syiar Islam," tegas Syafruddin saat bertemu pengurus FKAPHI  di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Syafruddin mengatakan, tugas ini merupakan panggilan jiwa dan bagian dari ibadah. Dia pun mengapresiasi keberadaan FKAPHI, yang menurutnya merupakan organisasi yang memiliki kegiatan sangat baik untuk meningkatkan pelayanan haji Indonesia.

"Petugas haji dari tahun ke tahun kualitasnya semakin baik, jangan sampai turun. Forum ini menjadi perekat bagi para petugas haji agar dapat terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh umat," harap Syafruddin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia.

Menurut dia, jemaah haji asal Indonesia dikenal sebagai jemaah yang tertib saat menjalankan ibadah haji dan umrah. Banyak negara Islam yang memberikan pujian terkait hal tersebut.

"Saat saya sedang bertugas dan menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu masjid tertua di Georgia, imam masjid tersebut memberikan pujian kepada umat Islam Indonesia," ungkap Syafruddin.

Untuk itu ia berpesan agar seluruh petugas hajis Indonesia bekerja dengan profesional dan ikhlas untuk membantu para jamaah menyempurnakan ibadahnya. "Semoga tahun ini pelayanan yang diberikan lebih baik lagi, apalagi kuota haji kita sudah ditambah tahun ini," harap Syafruddin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Alumni Petugas Haji

Sementara itu Ketua Dewan Pembina FKAPHI yang juga menjabat sebagai Direktur Bina Islam, Kementerian Agama, Khoirizi H. Dasir, bersyukur Menteri Syafruddin menerima untuk menjadi Majelis Dewan Kehormatan FKAPHI.

"Ini menjadi penyemangat bagi kami dan seluruh anggota FKAPHI dalam menjalankan tugas," paparnya.

Khoirizi mengatakan setiap tahun terdapat 4100 petugas haji Indonesia. Potensi ini dapat dimanfaatkan agar kualitas ibadah haji jamaah Indonesia semakin meningkat.

"Jumlah alumni petugas haji yang begitu banyak dapat diberdayakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sehingga jemaah tidak kebingungan saat manasik haji," ujarnya.

Khoirizi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Menteri Syafruddin terkait penghargaan dari PBB yang diperoleh Indonesia atas prestasi pelayan publik terbaik di dunia.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Umum FKAPHI Mahmudi Affan Rangkuti, Sekjen FKAPHI Muhammad Rusdi Umar, serta beberapa pengurus lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.